DPRD Kepri Paripurnakan Penyampaian Nota Keuangan dan APBD Tahun 2024

Ketua DPRD Jumaga Nadeak menerima draft penyampaian Gubernur Kepri Ansar Ahmad

* Optimalisasi Potensi Ekonomi dan Peningkatan Infrastruktu

DPRD Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan Rapat Paripurna beragendakan Penyampaian Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Anggaran dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Tahun Anggaran 2024.

Rapat ke-19 Masa Sidang Ke-3 Tahun Anggaran 2023 ini dipimpin oleh Ketua DPRD Jumaga Nadeak dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, di Ruang Balairung Wan Seri Beni Pusat Perkantoran Gubernur, Pulau Dompak, Senin, (24/10/23).

Penyampaian Gubernur Ansar yang turut dihadiri Wakil Gubernur Marlin Agustina, mengatakan bahwa APBD 2024 disusun sesuai dengan kebijakan umum anggaran dan plafon anggaran sementara yang telah disetujui bersama. Sebagaimana acuan dari Pemerintah Pusat, telah menetapkan untuk fokus pembangunan tahun 2024.

Adapun fokus pembangunan itu meliputi, pengurangan kemiskinan dan penghapusan kemiskinan ekstrem, peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, percepatan pembangunan infrastruktur dasar dan konektivitas, serta pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan nota keuangan dan Ranperda APBD 2024

Ansar menerangkan, tema pembangunan daerah Provinsi Kepri tahun 2024 yaitu Peningkatan Investasi dan Daya Saing Daerah untuk Kemakmuran Rakyat Melalui Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dengan Menjunjung Nilai-nilai Budaya Melayu dan Nasional.

“Tema ini dijabarkan dalam tiga prioritas pembangunan daerah, yaitu optimalisasi potensi perekonomian daerah, pembangunan infrastruktur wilayah, dan pembangunan manusia yang berkualitas dan berbudaya,” ujarnya.

Selain itu, Gubernur Ansar juga menyampaikan proyeksi pendapatan daerah, belanja daerah, dan pembiayaan daerah Provinsi Kepulauan Riau pada APBD Tahun Anggaran 2024. Pendapatan daerah diproyeksikan sebesar Rp4,2 triliun, belanja daerah sebesar Rp4,3 triliun, dan pembiayaan daerah sebesar Rp112,4 miliar.

Ketua DPRD Jumaga Nadeak dan Wakil Ketua berserta Gubernur Kepri Ansar Ahmad memimpin paripurna pada penyampaian nota keuangan dan Ranperda APBD tahun 2024

Gubernur Ansar berharap nota keuangan dan Raperda APBD 2024 yang disampaikannya dapat menjadi bahan pertimbangan DPRD Provinsi Kepri dalam melakukan pembahasan lebih lanjut. Ia juga mengajak semua pihak untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan pembangunan daerah yang berkelanjutan dan berkeadilan.

“Semoga nota keuangan dan Raperda APBD 2024 ini dapat menjadi landasan bagi kita semua untuk bersama-sama membangun Provinsi Kepri yang lebih maju, mandiri, dan sejahtera. Mari kita bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas untuk melayani rakyat dengan sepenuh hati,” katanya.

Sumber: setwan – Editor: red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *