Kunjungan Kerja USAID dan Kemenkum RI ke Tanjungpinang

Tanjungpinang – United States Agency for International Development (USAID) dan Kemenkum RI lakukan kunjungan kerja ke Kota Tanjungpinang. Kunjungan disambut oleh Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan H. Irwan, S.Sos, MM di Kantor Walikota Tanjungpinang, Kamis (26/7).

Kunjungan kerja diketuai oleh Luthfi Azhari untuk mengetahui seberapa penting Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang berkembang di Kota Tanjungpinang. OMS atau juga disebut Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) banyak berkembang, tidak menutup kemungkinan di Kota Tanjungpinang juga.

“Inilah sebabnya kami melakukan kunjungan ke seluruh Indonesia, salah satunya di Kota Tanjungpinang dengan tujuan untuk mengetahui konsolidasi antara LSM dengan pemerintah,” ungkapnya.

Luthfi juga mengatakan, program ini juga bekerja sama dengan Kemenkumham guna melakukan survei terkait masalah gerakan anti korupsi, perlindungan HAM dan anti radikalisme. Berdasarkan ini ingin melakukan terobosan baru dalam penguatan kapasitas dan relevansi antara pemerintah dan OMS.

Pemikiran awal, ingin menguatkan kapasitas OMS. Kegiatan-kegiatan yang harus berkesinambungan, sehingga mampu berdiskusi dan berdialog dengan pemerintah daerah.” Lanjutnya.

Sementara itu, Irwan mengatakan, di Kota Tanjungpinang banyak sekali LSM yang dibentuk dengan berbagai latar belakang kepentingan dan karakteristik. Kebanyakan LSM di Kota Tanjungpinang bergerak di bidang kepemudaan, lingkungan, perempuan dan sosial.

“Namun tidak terkoordinir dengan keterbatasan yang dimiliki oleh Pemko Tanjungpinang. Semoga dengan kunjungan kerja ini, diharapkan ada perubahan dan perbaikan untuk lebih baik lagi kedepannya,” kata Irwan.

Kepala Badan Kesbangpol Linmas Kota Tanjungpinang Drs. H. Wan Kamar, mengatakan bahwa pihaknya sebagai salah satu wadah untuk LSM dari segi legalitas. Diakui telah melakukan sesuai dengan aturan  yang berlaku.

“Kita (Pemko Tanjungpinang) berharap konsep desentralisasi mampu memperbaiki hubungan LSM dan pemerintah dengan memperhatikan berbagai aspek,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Tanjungpinang Agustiawarman, S.Sos, MM, banyaknya program pemerintah membuat para  pengurus LSM dapat memperoleh kemudahan dalam menjalin hubungan kerja sama dengan pemerintah.

“Hal ini ditunjukkan dengan adanya mitra dimasing-masing OPD sebagai rekan kerja yang mampu memperhatikan dan menyampaikan aspirasi kepada pemerintah,” katanya.

Rombongan yang terdiri dari Plt. Direktur USAID Anders J. Mantius, Frank Fuelner, Ph.D dan perwakilan Kemenkumham RI juga akan melakukan kunjungan ke beberapa LSM di Kota Tanjungpinang, seperti LSM Air Lingkungan dan Manusia (ALIM), LSM Sahabat Sehati, Aliansi Jurnalis Indonesia dan PKBI Kota Tanjungpinang. (*)

 

Sumber: Humas

Editor Narasi: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *