Dispora Tanjungpinang Koordinasi Lintas Sektor: Efesiensikan Pelayanan

Rapat tim koordinasi di lintas sektor yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tanjungpinang

Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tanjungpinang menggelar rapat tim koordinasi di lintas sektor. Prihal tentang penyelenggaraan pelayanan kepemudaan di Kota Tanjungpinang, Selasa (6/6/23) di Hotel Aston Tanjungpinang.

Rapat dipimpin oleh Sekda Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, dan turut dihadiri oleh Kepala Dispora Efendi. Terlihat juga sejumlah perwakilan OPD-OPD Pemko dan Provinsi Kepri.

Kepala Dispora Kota Tanjungpinang, Efendi mengatakan, rapat lintas sektor ini bertujuan untuk mendapatkan efektifitas pelayanan kepemudaan, sinkronisasi dan harmonisasi program dan kegiatan kepemudaan.

Ia mengatakan, untuk mendapatkan generasi yang unggul, maka pemerintah setempat dan lintas sektor harus saling bersinergi dalam membantu pemuda, sehingga mampu menghadapi tantangan bonus demografi.

Oleh karena itu, lanjut dia, salah satu upaya yang harus dilakukan agar tujuan tersebut bisa tercapai, maka dilakukan dan memperkuat koordinasi strategis. Sebab, pembangunan pemuda mempunyai peran penting dalam mewujudkan SDM yang maju serta berdaya saing.

“Setelah rapat ini, kita akan bentuk tim koordinasi, yang mana kepala OPD yang masuk tim ini bisa mengembangkan kegiatan pemuda dan menyentuh kegiatan disisi kepemudaan,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Sekda Kota Tanjungpinang, Zulhidayat mengatakan, dilakukan rapat ini agar pembangunan kepemudaan bisa dijalankan dan dikerjakan bersama-sama sejumlah OPD.

“Pembangunan pemuda itu tak bisa dilakukan oleh satu OPD yakni Dispora saja, tentunya harus ada OPD lain,” sebutnya.

Menurutnya, yang diraih kedepan itu, adalah Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) sebagai bagian dari perhitungan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Nah, kita harap dengan adanya koordinasi ini maka IPP itu menjadi meningkat dengan harapan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan IPM di Tanjungpinang,” harapnya.

Ia juga menambahkan, bahwasanya usulan-usulan Musrenbang pemuda yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu, bisa dilakukan oleh OPD-OPD yang bersangkutan melalui rapat ini.

“Usulan musrenbang pemuda yang bisa kita eksekusi tahun ini akan segera dilakukan. Nanti akan dikerjakan OPD dan akan dituangkan dalam bentuk komitmen bersama,” imbuhnya.

Sumber: kominfo – Editor: red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *