Jaga Regenerasi Kesenian Tradisional, Kades Mat Mawawi Hidupkan Kembali Kelompok Gasing Tanjung Bersatu

Kades Tanjung, Mat Mawawi bersama pemain gasing Tanjung dan Pengadah, Sabtu 3 Juni 2023

Natuna, Poroskepri.com – Kades Tanjung, Mat Manawi, menghidupkan kembali kelompok Gasing Tanjung Bersatu (GTB) yang sudah belasan tahun vakum.

Hal itu dilakukannya agar regenerasi seni budaya tradisional khususnya pada permainan gasing diwilayahnya tetap terjaga.

“Harapan saya, supaya generasi muda mengenal seni budaya tradisional dalam permainan gasing,” jelasnya saat dikonfirmasi media poroskepri.com Sabtu (3/6/2023).

Sejak terbentuknya pengurus baru Kelompok GTB pada awal bulan Mei 2023, sudah dua kali melakukan uji coba dengan pemain gasing desa Pengadah.

“Kami sudah dua kali melakukan uji coba sama pemain gasing di desa Pengadah. Kedepannya, direncanakan pemain gasing Tanjung akan keliling pedesaan,” ujarnya.

Selain bermain gasing kata Mat Mawawi, moment ini juga dimanfaatkannya untuk meningkatkan tali silaturahmi baik sesama masyarakat desa Tanjung maupun dengan masyarakat desa lainnya.

“Kalau nanti ada lomba pangkak gasing, InsyaAllah kita akan ikut berpartisipasi,” jelasnya.

Deketahui, ketua kelompok GTB yang baru dipercayakan kepada Jamian, dan Kades Tanjung sebagai Pembina.

Hasil pantauan Poroskepri di lapangan, permainan gasing di Natuna dilakukan dengan cara diputar, kemudian diletakkan di atas kaca berukuran 40 centimeter kali 40 centimenter dan gasing siapa yang paling lama bertahan dia yang keluar sebagai pemenang.

(Mon).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *