Selain Tambang, Sektor Perikanan Juga Akan Dongkrak PAD Natuna

Bupati Kabupaten Natuna Wan Siswandi

Natuna, poroskepri.com – Selain tambang, sektor perikanan juga diharapkan secepatnya dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Diyakini sektor perikanan tersebut bisa menyumbang PAD hingga miliaran rupiah.

“Ya, dengan telah ditetapkannya pelabuhan SKPT di Selat Lampa sebagai pelabuhan internasional, kita sudah bisa ekspor ikan dari Natuna,” kata Bupati Natuna Wan Siswandi, kepada sejumlah wartawan di kantor Bupati Natuna Jalan Batu Sisir, Rabu (23/5/2023).

Dirinya berharap, banyak pengusaha ikan yang mendaratkan ikanya di pelabuhan Selat Lampa.

“Dengan demikian akan ketahuan berapa ton ikannya, jadi kita akan tau jumlah retribusinya untuk daerah. Untuk teknisnya akan diatur pihak terkait, sesuai ketentuan berlaku,” jelasnya.

Kedepanya kata Wan Siswandi, bakalan ada pengusaha yang akan membuat pabrik pengalengan ikan di Selat Lampa.

“Pengusahanya sudah ketemu saya, cuman lokasi tempat pembangunan pabrik pengalengan ikan tersebut dibagian daratnya terbentur dengan hutan lindung. Namun demikian prosesnya tetap berjalan, tandanya dia telah menyurati Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK),” ungkap Wan Siswandi.

Kendati demikian lanjut Wan Siswandi, pihak pengusaha tersebut mengatakan akan tetap mengoperasikan kapal perikanannya.

“Mudahan tahun 2023 ini beroperasi, mereka akan membangun Cold Storage, bukan pabrik ya tapi Cold Storage sekitar 3000 ton, nanti mereka akan menampung ikannya disana. Dan kita tinggal kalikan harga perkilo dengan jumlah tonnya, baru daerah dapat duit retribusinya.” Pungkasnya. (Mon).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *