Berbagai Upaya Dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Untuk Meningkatkan SDM Natuna Bahkan Sampai Keliling Kementrian

Bupati Kabupaten Natuna Wan Siswandi

Natuna, Poroskepri.com – Tanpa mengabaikan pembangunan infrastruktur, Bupati Wan Siswandi dan Wakil Bupati Natuna, Rodial Huda tengah fokus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Natuna.

Berbagai upaya telah dilakukan bahkan sampai keliling ke Kementrian. Satu persatu Kementrian dikunjunginya, asal ada peluang untuk masyarakat Natuna mendapatkan sekolah gratis, pihaknya langsung mengajukan permohonan.

Alhasil, selama dua tahun kepemimpinannya, Natuna mendapatkan sekolah gratis dengan kuota sebanyak 85 orang.
Dan 85 orang putra-putri Natuna ini akan menimba ilmu di berbagai universitas yang telah disepakati.

Adapun diantaranya adalah : di Perguruan Tinggi Institut Teknologi PLN 15 orang, Perguruan Tinggi Universitas Pertamina 15 orang, Politeknik Kelautan dan Perikanan 10 orang, Politeknik Perkapalan di Surabaya 10 orang, Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas) di Cepu 10 orang. Kuliah Gratis gratis dari Kementrian Perdagangan sebanyak 2 orang, kuliah Gratis dari Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi sebanyak 3 orang. Serta dari Kemenkes untuk dokter spesialis sebanyak 20 orang.

Selain itu untuk meringankan biaya masyarakat Natuna yang hendak masuk Polisi, Wan Siswandi juga mendukung penuh dilaksanakannya tes masuk Bintara Rekpro di Kabupaten Natuna.

Hal ini dilakukannya untuk menghemat segala biaya masyarakat, seperti tiket pesawat, hotel, transportasi dan akomodasi lainnya.

Masyarakat akan mengeluarkan biaya yang sangat besar jika penerimaannya dilaksanakan di Batam.

“Tahun kemaren yang daftar ada sekitar 150 orang lulus 30 orang. Kita siapkan fasilitas agar tidak bayar, jadi putra-putri Natuna tinggal pergi tesnya saja,” ucapnya kepada sejumlah wartawan dikantor Bupati Natuna Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Rabu (23/5/2023).

Diseluruh Indonesia, kata Wan Siswandi, baru Natuna yang melaksanakan penerimaan Polisi di tingkat Kabupaten.

Lanjutnya, penambahan kuota untuk penerimaan baik polisi maupun sekolah gratis untuk masyarakat Natuna akan terus bertambah. Karena pihaknya terus mengupayakan peningkatan SDM Natuna.

“Peningkatan SDM Natuna akan terus kita lanjutkan, jadi kuota untuk masyarakat Natuna mendapatkan kuliah gratis akan bertambah.
Mudahan kerjasama antara Pemda Natuna dengan Kementrian Perhubungan segera terwujud. Dikemenhub itu ada tiga bagian diantaranya Darat, Laut dan Udara,” harapnya.

(Mon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *