Dapat Apresiasi Dari Juri, Dasa Wisma Anggrek Batubi Jaya Optimis Menang Lomba PHBS Tingkat Provinsi Kepri

Natuna, Poroskepri.com – Dapat apresiasi dari juri, Dasa Wisma Anggrek Desa Batubi Jaya Kecamatan Bunguran Batubi, optimis menang pada lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat provinsi Kepulauan Riau (Kepri)

Hal itu dikatakan Camat Bunguran Batubi, Tri Didik Sisworo, kepada wartawan, usai acara penilaian tim dari Provinsi Kepri terhadap PHBS Dasa Wisma Anggrek Desa Batubi Jaya, di kantor Desa Batubi Jaya, Jum’at (3/3/2023).

Tri Didik Siiworo mengharapkan, lomba PHBS tingkat Provinsi Kepri ini bisa berjalan sebagai mana mestinya. Bukan hanya berjalan pada perlombaan saja, tetapi bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ditengah masyarakat Desa, Kecamatan maupun ditingkat Kabupaten.

“Kegiatan PHBS ini sangat positif, karena mengajarkan kita untuk hidup sehat. Mulai dari cara menggunakan fasilitas kesehatan dalam bersalin, memberikan asi eklusif, menimbang bayi dan balita setiap bulan, cuci tangan pakai sabun, menggunakan air bersih, memberantas jentik nyamuk, melakukan aktifitas fisik, sampai dengan melarang merokok dalam ruangan. Terus menganjurkan kita memperbanyak makan sayuran serta buah-buahan. Yang jelas dampaknya baik untuk tubuh dan kesehatan kita,” jelas Tri Didik Sisworo.

Dirinya berharap, dari semua indikator yang dianjurkan oleh PHBS ini bisa diterapkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari ditengah masyarakat.

Menurutnya, daerah Batubi sangat berpotensi, karena memiliki lahan yang luas untuk menanam sayuran-sayuran serta buah-buahan.

”Buah itu tidak mesti yang kebanyakan dipandang masyarakat sekarang ini seperti apel dan anggur saja, itu salah. Seperti pepaya juga buah, jeruk, nenas juga buah, dan sebagainya. Itu juga harus kita perhatikan,” ucapnya.

Lanjutnya, banyak buah-buahan yang murah dan mudah didapat yang kaya akan nutrisi serta bagus untuk kesehatan, seperti buah sirsak, pepaya dan sebagainya, yang mudah diperoleh di kampung-kampung.

“Itu yang harus ditambahkan dimenu makanan kita, mudahan dengan membiasakan pola hidup sehat ini dapat meningkatkan kualitas hidup kita, kesehatan kita dikehidupan sehari-hari,” harapnya.

Tri Didik Sisworo menegaskan bahwa faktor yang paling penting dalam kehidupan itu adalah kesehatan. “Kalau tidak sehat bagaimana kita menjalankan rutinitas sehari-hari kita,” tegasnya.

Kata Tri Didik Sisworo, sudah empat Kabupaten yang didatangi tim penilaian PHBS Provinsi Kepri diantaranya Tanjung Pinang, Batam, Anambas dan Natuna.

”Kabupaten lainnya menyusul, seperti Bintan, Lingga serta Karimun,” ujar Tri Didik Sisworo.

Sementara itu, untuk pengumuman pemenang lomba PHBS tingkat Provinsi Kepri akan di umumkan setelah selesai dilaksanakannya penilain pada semua PHBS Kabupaten di wilayah Provinsi Kepri.

Dikatakan Tri Didik, tim penilaian lomba PHBS mengapresiasi kekompakan PHBS Dasa Wisma Anggrek Desa Batubi Jaya.

“Kita optimis menang karena juri apresiasi kekompakan kita. Dari empat Kabupaten yang sudah dikunjungi, juri menyebutkan belum menemukan tim yang sekompak kita,” ucap Tri Didik.

Kata Tri Didik, semua stakholder yang ada harus kompak. Karena tanpa kekompakan mustahil program PHBS ini bisa berjalan secara continue.

“Semuanya mendukung, mulai dari camat, PKK, Rt/Rw, Babinsa, Babinkamtibmas, tim medis dan semua elemen harus mendukung supaya program ini bisa berjalan dengan baik. Komitmen ini adalah salah satu bukti, bahwa kita ikut mensukseskan program ini,” pungkasnya. (Mon).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *