Pemkab Terus Upayakan Pelaksanaan TPI Natuna

Kadis Perikanan Natuna, Hadi Suryanto. foto (mon)

Natuna, Poroskepri.com – Walaupun dalam keadaan kondisi keuangan daerah belum stabil, namun Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna terus berupaya mewujudkan pelaksanaan pembentukan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Selat Lampa.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perikan Natuna, Hadi Suryanto, kepada wartawan di kantornya Komplek Mesjid Agung Natuna, Senin (20/2/2023).

“Prosesnya terus berjalan, seperti kesiapan regulasi berupa Perda, Perbup dan pada Kegiatan Tahun Anggaran 2023 ini kita berharap bisa terwujud,” harapnya.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan TPI di Selat Lampa, setidaknya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Natuna.

“Sekarang kita akan menyurati proses peminjaman gedung berupa Tempat Pelelangan Ikan yang merupakan aset Kementrian. Dan hal itu sudah kita surati, sekarang dalam proses kelengkapan dokumen agar dapat dimanfaatkan oleh Pemda Natuna, yaitu salah satu bangunan yang ada di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa,” jelas Hadi Suryanto.

Bukan hanya itu kata Hadi Suryanto, dengan adanya Program Nasional berupa enangkapan ikan terukur salah satu di WPP 711, dimana tempat beroperasinya kapal-kapal izin pusat serta pelabuhan sinnggahnya harus di SKPT, maka Pemkab Natuna akan melaksanakan kegiatan TPI yang merupakan dari Retribusi PAD.

Untuk wacana pelaksanaan TPI nantinya, Pemkab Natuna akan berkolaborasi dengan pemerintah Pekalongan untuk bisa mendampingi kegiatan yang di maksud. Sambil menyiapkan tenaga lokal untuk dilatih sebagai juru lelang. Tutup Hadi Suryanto.

(Mon).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *