Sematkan Tanjak Minang ke Soerya Respationo, Barado Kepri: Ini Sebagai Penghormatan

Sebagai penghormatan dan kenangan-kenangan dari perkumpulan masyarakat Minang yang tergabung pada Basamo Urang Sumando (BARADO), menyematkan Tajak Minang, Sarung dan Cincin kepada Cagub Kepri Muhammad Soerya Respationo.

Kegiatan yang bernilai kebudayaan itu diselaraskan saat ngopi bareng besama Urang Sumando di Perumahan Ganet, Tanjungpinang, Minggu (11/10/20) siang.

Penyematan tajak kepada Soerya Respationo ini dilakukan secara langsung oleh Ketua Umum Barado Kepri Syaiful bersama tokoh Minang di Tanjungpinang. Dikatakan bahwa penyematan tersebut terbilang sengaja dan pantas.

“Mengingat, sosok Soerya Respationo adalah suami dari almarhumah Hj. Rekaveny, yang merupakan salah seorang putri terbaik dari Ranah Minang bersukukan Chaniago,” jelas Syaiful.

Sehingga Soeryo sendiri memiliki ikatan yang kuat dengan orang minang. Selain itu, menantunya pun ada yang berasal dari Ranah Minang Bukit Tinggi.

Begitu juga menantu dari adik kandung Cagub Kepri yang mengantongi nomor urut 1 di Pilkada Kepri 2020 ini, Widiastadi Nugroho yang akrab disapa Mas Iik juga punya menantu suku Minang.

“Jelas sekali ikatan keluarga besar Mas Soerya ini yang sangat erat dengan orang Minang. Dan sudah seharusnya warga Minang memberikan dukungan dan suara untuk Rang Sumando Soerya Respationo,” jelasnya.

Untuk itu, tambahnya, Tim Barado bersama tokoh dan warga Minang menjamu Rang Sumando untuk duduk basamo ,dengan istilah Mangopi Basamo Rang Sumando, sambil memberikan doa serta dukungan kepadanya agar kelak bisa memenangkan Pilkada Kepri.

“Insya Allah, kami warga Kepri asal ranah minang siap mendukung sepenuhnya dan akan bekerja ‘All Out’ mengajak sanak saudaro asal Sumatera barat yang berada di Kepri ini,” terangnya.

Menanggapi penyematan kehormatan tersebut, Soerya Respationo menyambut baik dan mengapresiasikan hal tersebut.

Dan dirinya berharap hubungan silahturahmi yang sudah terjalin dengan baik ini bisa semakin erat dan terjaga.

“Saya atas nama pribadi sangat mengapresiasikan dan berharap silahturahmi ini bisa tetap terjaga dan semakin erat. Terima kasih,” jelasnya.

Sumber: istimewa
Editor: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *