Program Berobat Gratis Bintan, Apri: Senang  Melihat Antusiasme Masyarakat

Bintan – Program berobat gratis di Puskesmas dengan menunjukan identitas kependudukan atau KTP bagi masyarakat Kabupaten Bintan pada tahun 2017 lalu. Tercatat sekitar 51.264 masyarakat ikut merasakan manfaat itu di seluruh Puskesmas Kabupaten Bintan.

Untuk tahun 2018, Data yang didapat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, setidaknya hingga bulan November sudah menyentuh 48.683 masyarakat yang ikut merasakan program layanan berobat gratis tersebut.

“Masyarakat bisa merasakan program berobat gratis yang menggunakan KTP Bintan di 15 Puskesmas yang ada di 10 Kecamatan Kabupaten Bintan,” ujar Kepala Bidang Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, dr. Royhan saat dihubungi, Rabu (5/12) pagi.

Dijelaskan juga, sampai bulan November 2018, total angka kunjungan masyarakat yang berobat di 15 puskesmas yang ada di 10 Kecamatan Kabupaten Bintan menyentuh angka 181,738 kunjungan.

“Dengan rincian, pengguna Kartu BPJS sebanyak 108.088 pasien, program Berobat Gratis sebanyak 48.683 pasien serta  menggunakan jalur Umum sebanyak  24.967 pasien,” ujarnya menjelaskan.

Sementara itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos merasa senang karena Program Berobat Gratis di Puskesmas menyasar kepada masyarakat Kabupaten Bintan yang kurang mampu dan atau yang belum tercover oleh BPJS. Menurutnya, program ini bertujuan meringankan beban masyarakat di bidang kesehatan.

Ia pun menambahkan bahwa program ini juga merupakan salah satu program unggulan di Bintan, dimana masyarakat bisa berobat tanpa harus merogoh kocek sedikitpun.

“Pasien yang berobat di puskesmas jika harus dirujuk ke RSUD, maka akan di fasilitasi untuk pengurusan Kartu BPJS hingga mendapatkan perawatan gratis rawat inap di kelas tiga,” jelasnya.

Melihat antusiasme masyarakat terhadap program berobat gratis itu sangat tinggi, Apri pun merasa sanang dapat meringankan beban masyarakat.  Menurut Apri, Kabupaten Bintan kedepannya akan terus membuat program yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Maka dari itu, saran dan masukan dari masyarakat juga kita harapkan, untuk penyempurnaan setiap program pemerintah,” tutupnya.

Sumber: Humas

Editor Narasi: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *