Pembekalan Intelijen Kepada Anggota Posal dan Posmat

Tanjungpinang – Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang melalui Staf Intelijen melaksanakan Pembekalan Ilmu Dasar Intelijen kepada personel pengawak Pos Angkatan Laut (Posal) dan Pos Pengamat (Posmat). Kegiatan berlangsung di Aula Yos Sudarso Markas Komando, Jalan Yos Sudarso, Tanjungpinang, Selasa (2/10).

Pembekalan diikuti 32 peserta dibuka Asintel Danlantamal IV Kolonel Laut (S) Tatang. Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang tugas dan fungsi Posal dan Posmat sebagai pengindera dini dan pemgumpulan data intelijen maritime untuk dijadikan acuan tugas lapangan.

Asintel Kolonel Tatang mengatakan, keberadaan Posal dan Posmat sendiri adalah sebagai mata dan telinga fungsi intelijen. Dimana pendiriannya berdasarkan lokasi yang trategis serta pertimbangan fungsi ekalasi ancaman yang mungkin terjadi.

“Diharapkan, segala sesuatu yang diawasi dan hasil monitor oleh Posal dan Posmat bisa dilaporkan secara cepat dan relevan kepada Staf Intelijen,” ujar Asintel itu.

Pembekalan juga di bagi beberapa materi. Untuk pengantar Intelijen di sampaikan oleh Mayor Laut (P) Toha. Peran dan Tupoksi Posal oleh Mayor Laut (T) Edy Surya Harahap, serta Peredaran Narkoba Lewat Laut oleh Mayor Laut (P) M. Ichlas Thamsi.

Sementara untuk Foto Jurnalistik oleh Kadsipen Lantamal IV Mayor Laut (KH) M. Samuel Pontoh, serta Pemberdayaan Postensi Maritim oleh Aspotmar Kolonel Laut (P) Arief Mediyanto.

Sebelum Pembekalan Ilmu Dasar Intelijen ditutup, Paban Ren Sintel Lantamal IV Letkol Laut (K) Karimudin dan para peserta juga menerima pengarahan dari Wakil Komadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso, S.T, M.Si. Menurut Teguh, pemberdayaan Posal dan Posmat adalah untuk menunjang pelaksanaan tugas-tugas kedepan.

Sumber: Penerangan

Editor Narasi: Dwa/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *