Walikota Paparkan Visi dan Misi Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang – Perancangan Visi dan Misi pembangunan Kota Tanjungpinang tahun 2018-2023 merupakan konsep yang memiliki kaitan dengan visi RPJPD Kota Tanjungpinang tahum 2005-2025, juga RPJMD Provinsi Kepulauan Riau tahun 2016-2021 serta RPJMN tahun 2016-2019.

Ditujukan dalam rangka penetapan ekonomi kerakyatan dan keragaman budaya sebagai penggerak perekonomian rakyat dalam menempatkan sebagai kota perdagangan dan wisata budaya terdepan. Dengan ditopang oleh karakter SDM yang sehat, cerdas, berbudaya, berakhlak serta tangguh dan berdaya saing.

Demikian yang di paparkan oleh Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd pada rapat paripurna istimewa penyampaian visi misi Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang periode 2018-2023, di Gedung DPRD Kota Tanjungpinang, Rabu (26/9).

Adapun visi pembangunan yang hendak di capai adalah “Mewujudkan Tanjungpinang Sebagai Kota Yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera Dalam Harmoni Kebhinekaan Masyarakat Madani”. Ini merupakan visi yang akan memotori gerak perkembangan Kota Tanjungpinang.

Untuk mendukung perwujudan visi tersebut itu, perlu ditetapkan tindak lanjut dan implementasi misi pembangunan Kota Tanjungpinang. Antara lain, meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang agamis, berbudaya, berwawasan kebangsaan dan berdaya saing global.

Meningkatkan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, mengembangkan dan melestarikan khazanah budaya lokal dan nusantara untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis, bertoleransi dan kebhinekaan guna mendukung pembangunan berkelanjutan.

Mewujudkan tata kelola pemerintah yang profesional berwibawa, amanah, transparan dan akuntabel didukung dengan aparatur yang berintegrasi dan kompeten. Serta melanjutkan pembangunan yang adil dan merata, menciptakan iklim investasi dan usaha yang kondusif dengan sistem pengupahan yang berkeadilan.

Dalam penyusunan RPJMD Kota Tanjungpinang Tahun 2018-2023, akan dilakukan penyelarasan program unggulan yang akan menjadi prioritas untuk mendukung tercapainya visi misi, kebijakan dan capaian kinerja. Diantaranya pada bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif.

Selain itu juga, pembinaan keagamaan, kebudayaan dan harmoni warga, Reformasi birokrasi, bidang insfrastruktur, air bersih dan kelistrikan, ekonomi, investasi dan ketenagakerjaan dan pada urusan pemberdayaan perempuan.

Dengan rumusan capaian strategis itu maka di tetapkan tujuan pembangunan Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk periode tahun 2018-2023, yaitu, meningkatkan kualitas pembangunan manusia dan kesetaraan gender,  meningkaykan kontribusi sektor pariwisata, perdagangan dan jasa terhadap perekonomian daerah, melestarikan seni, nilai adat dan tradisi budaya melayu dalam kehidupan masyarakat, meningkatkan pemerataan pembangunan antar wilayah dan antar kelompok pendapatan.

“Agar tercapai visi dan misi itu, tujuan sasaran dan arah kebijakan maupun  strategi program pembangunan, dapat kita raih bersama dengan sinergisitas yang baik,” ungkap Syahrul.

Pada Paripurna Istimewa ini juga di hadiri oleh Sekda Kota Tanjungpinang Riono, M.Si, jajaran OPD Pemko dan FKPD Kota Tanjungpinang. Hadir juga segenap anggota DPRD Kota Tanjungpinang.

 

Sumber: Humas

Editor Narasi: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *