Disduk Natuna Terus Gencarkan Sosialiasi Hingga Masyarakat Dapat Pemahaman Yang Luas Tentang Data Kependudukan

Poroskepri.com, NATUNA – Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disduk) Kabupaten Natuna terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dibidang administrasi kependudukan.

Hal itu dikatakan Kepala Disdukcapil Natuna, Ilham Kauli saat acara penandatangan kerjasama dengan FKPPS di kantor Dukcapil Natuna jalan Dt. Kaya Wan M. Benteng. Selasa, (16/11/2021).

“Terima kasih dan apresiasi, kepada semua yang hadir termasuk para insan pers,” ucapnya.

Sebut Ilham Kauli, setiap warga negara harus memiliki data kependudukan. Agar negara bisa memberikan perlindungan hukum ke setiap warga.

Dan untuk mencapainya kata Ilham Kauli, semua program digencarkan sosialisasinya. Semoga masyarakat dapat pemahaman yang luas dan memiliki kesadaran yang tinggi untuk mengurus dan memutakhirkan data kependudukannya.

“Dari 82.000 penduduk Natuna, 98 persennya sudah memiliki kartu kependudukan. Tanpa dukungan dari semua komponen gerakan Indonesia sadar untuk memiliki data kependudukan takan terwujud,” ucap Ilham Kauli.

Menurutnya, peran media sangat membantu untuk mensosialisasikan program pemerintah khususnya di Disduk, yaitu memberikan pemahaman secara luas kepada masyarakat tentang pentingnya data kependudukan, serta memahami pemanfaatan data tersebut.

“Berbagai macam polemik dimasyarakat. Diantaranya, orangnya tak ada di Desa tersebut tapi namanya keluar sebagai penerima bantuan sosial. Dan ada juga, orangnya sangat layak mendapatkan bantuan dan sebagainya jadi tidak dapat karena belum memutakhirkan datanya,” ujar Ilham.

Selain itu, penyandang disabilitas, pensiunan TNI-Polri, serta para orang jompo juga menjadi sasaran utama dari sosialisasi tersebut.

“Saya menghimbau bagi masyarakat yang sudah pindah, misal pindah Kecamatan atau antar kampung diharapkan untuk melaporkan data kependudukanya ke Disduk,” ucap Ilham Kauli.

Dengan begitu berbagai program pemerintah, baik pelayanan kesehatan, pendidikan, program vaksinasi serta bantuan sosial, BLT dan lainnya akan tepat sasaran. Karena Natuna, Negara Indonesia pada umumnya memiliki data kependudukan yang valid.

Mon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *