Hingga H+4 Lebaran Idul Fitri 1445 H, KPP SAR Natuna Terus Lakukan Siaga Khusus Diberbagai Tempat Wisata

Natuna, Poroskepri.com – Pasca lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) SAR Kabupaten Natuna laksanakan Siaga SAR Khusus, diberbagai lokasi tempat wisata.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KKPP) SAR Kabupaten Natuna, Abdul Rahman, Minggu 14 April 2024.

“Hari ini, H+4 lebaran Idul Fitri, Siaga SAR Khusus kita laksanakan di Pulau Senoa. Sejumlah personel telah kita terjunkan untuk melakukan pengamanan tempat wisatawan lokal tersebut,” jelas Abdul Rahman.

Pulau Senoa merupakan salah satu icon wisata di Kabupaten Natuna. Pulau ini dikenal dengan laut dan terumbu karangnya serta hamparan pasir pantainya yang putih. Oleh karena itu pulau ini menjadi destinasi wisata favorit masyarakat Natuna.

Diketahui sedikitnya seratus orang telah mengunjungi Pulau Senoa dalam dua hari terakhir ini.

Oleh karena itu, lanjut Abdul Rahman, pihaknya menerjunkan sejumlah personel dengan menggunakan satu unit Rigid Inflatable Boat (RIB) 01 Natuna, yang lengkap dengan sejumlah alat keselamatan. Diantarnya adalah Ring Bouy, Lifejacket serta P3K.

“Mengetahui adanya peningkatan pengunjung wisatawan lokal disana (Pulau Senoa) sejak kemarin, maka hari ini kita putuskan untuk mobilisasi personel untuk bersiaga,” ucap Abdul Rahman.

Sehari sebelumnya, Sabtu 13 April, mobilisasi personel di sejumlah lokasi wisata di Kabupaten Natuna juga telah dilakukan. Seperti di Pantai Sujung, Pantai Tanjung. Pulau Karang Aji yang ada di Pulau Serasan dan Pulau Sebetul yang ada diwilayah Pulau Laut.

Abdul Rahman menambahkan, bahwa Siaga SAR Khusus tidak dilaksakan di Kabupaten Natuna saja. Pihaknya melalui Pos SAR Anambas dan Unit Siaga SAR Jemaja juga memobilisasi personel, seperti di lokasi wisata Air Terjun Temburun dan Pantai Padang Melang di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Ia juga menerangkan, jika pihaknya terus berkordinasi dengan sejumlah stakeholder diantaranya TNI dan Polri serta Potensi SAR yang ada di dua kabupaten tersebut.

Abdul Rahman, berharap agar seluruh masyarakat yang sedang berpergian ketempat wisata untuk selalu berhati-hati dan memperhatikan kondisi cuaca yang tentu bisa berubah kapanpun.

“Tentu ada sejumlah lokasi wisata yang belum ter-cover oleh kita dalam pelaksanaan siaga SAR Khusus ini, maka perlu menjadi perhatian kita bersama untuk saling menjaga serta memberikan himbauan keselamatan” harapnya.***

Laporan : Mon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *