Rangkaian Hari Jadi Provinsi Kepri ke-21, DKP Kepri Gelar Lomba Masak Ikan

Ketua TP-PKK Kepri Dewi Kumalasari menyaksikan hasil perlombaan memasak ikan yang diselenggarakan DKP Provinsi Kepri

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Riau ambil bagian dalam peringatan Hari Jadi Provinsi Kepri ke-21, yakni melaksanakan lomba memasak berbahan ikan di Gedung Daerah Tanjungpinang, Sabtu (23/9/23).

Kepala DKP Kepri, Said Sudrajad mengatakan, event tersebut merupakan peran menggalakkan gemar makan ikan. Dimana Kepri sebagai daerah dengan 98 persen wilayahnya berupa lautan, tentunya sumber daya ikan yang melimpah.

Dijelaskan Said, Kepri memiliki 322.107 ton produksi perikanan tangkap dan 27.436 ton perikanan budidaya pada tahun 2022. Produksi ini diperkirakan meningkat setiap tahun, khususnya di perikanan tangkap.

“Kepri ini memiliki stok ikan berlimpah, tidak perlu takut makan ikan. Kita membuka jendela saja kita melihat laut yang luas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kepri, Dewi Kumalasari mengajak Pemprov Kepri terus menggalakkan gemar makan ikan. Menurutnya, gemar makan ikan akan menurunkan risiko stunting atau tubuh kerdil pada anak.

“Kita ingin mempromosikan kepada masyarakat yang mana daerah kita ini adalah daerah laut. Ikan adalah menu makanan yang baik bagi keluarga,” tuturnya.

Dewi Kumalasari menambahkan, ikan juga bermanfaat meningkatkan kecerdasan anak, karena kaya kandungan Omega-3. Ikan juga menjadi salah satu menu utama makanan anak yang menginjak usia remaja.

Peserta lomba memasak berbahan ikan di Gedung Daerah dalam peringatan Hari Jadi Provinsi Kepri ke-21

Mengenai lomba memasak dari bahan baku ikan ini diikuti 20 peserta perwakilan dari Organisasi Wanita Se-provinsi Kepri ini. Menurut Dewi Kumalasari, ini implementasi dari PKK Provinsi Kepri yang memiliki misi, yaitu “Menciptakan Ketahanan Keluarga melalui Peningkatan Keterampilan dalam Pengelolaan Sandang, Pangan dan Rumah Tangga yang Sehat dan Layak”.

Sampena Hari Jadi ke 21 Provinsi Kepri, Dewi Ansar Ikuti Senam Bersama Masyarakat Tanjungpinang

“Melalui kegiatan ini, saya berharap derajat kesehatan masyarakat Kepri, khususnya masyarakat Tanjungpinang dapat semakin meningkat melalui pola makan sehat,” ucapnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan pemaparan yang bertemakan ‘Masyarakat Gerakan Konsumsi Makan Ikan (Gemarikan). Adapun narasumber Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan Perikanan (PDSPKP KKP) RI Budi Sulistyo. (*)

Sumber: DKP Kepri/Kominfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *