Rahma Yakin Aplikasi Simanja Dapat Tingkatkan Kinerja ASN Pemko Tanjungpinang

Pemaparan Aplikasi Simanja oleh Wali kota Tanjungpinang, Hj. Rahma S.IP, MM, yang diyakini merupakan bentuk akuntabilitas serta efektivitas kinerja ASN

Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) melaksanakan Sosialisasi Manajemen Kinerja (Simanja) di aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah kantor wali kota Tanjungpinang, Selasa (28/03/23).

Wali kota Tanjungpinang, Hj. Rahma S.IP, MM, menjelaskan bahwa Aplikasi Simanja merupakan bentuk akuntabilitas serta efektivitas dalam meningkatkan kinerja ASN. Aplikasi Simanja merupakan Sistem Manajemen Kinerja yang dituangkan dalam bentuk aplikasi.

“Aplikasi ini juga diadopsi dari pemerintah provinsi Kepulauan Riau,” katanya.

Menurut Rahma, aplikasi Simanja ini dapat mewujudkan peningkatan kinerja, integritas, disiplin, keadilan dan kesejahteraan pegawai serta keterpaduan dan keserasian dalam pelaksanaan pemberian tambahan penghasilan pegawai, agar dapat terlaksana tepat waktu, tertib administrasi. Selain tepat sasaran, juga bermanfaat disiplin anggaran berbasis teknologi.

“Sistem Informasi Kinerja ini dalam hal pengelolaan kinerja yang disinergikan dengan pembayaran TPP yang mengakomodir sasaran dan capaian SKP Tahunan, Bulanan maupun Harian setiap ASN,” jelas Rahma.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Zukhidayat, mengatakan, untuk tahap awal sebagai uji coba penggunaan aplikasi Simanja ini akan ditunjuk dan diterapkan pada 10 OPD Pemko Tanjungpinang.

“Adapun perangkat Daerah yang menjadi Pilot project penggunaan aplikasi ini sebanyak 10 OPD. Diantaranya BKPSDM, Inspektorat, BPKAD, BPPRD, Bappelitbang, Dinas Pariwisata, Dinsos, DPMPTSP, Sekwan dan Dinas Perkim,” jelas Sekda.

Sementara menurut Kadis Kominfo Kota Tanjungpinang Teguh Susanto, S.T, menegaskan kembali bahwa Aplikasi Sistem Manajemen Kinerja tersebut memang benar diadopsi dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

“Aplikasi Simanja telah diterapkan Pemprov Kepri dalam hal pengelolaan kinerja yang disinergikan dengan pembayaran TPP, ” jelas Teguh.

Teguh mengatakan, selain untuk mengukur sasaran dan capaian SKP tahunan, bulanan dan harian setiap ASN, aplikasi Simanja ini menampilkan perolehan besaran TPP yang akan diterima ASN setiap periodenya.

“Aplikasi ini akan dilaksanakan uji coba terhadap 10 perangkat daerah terhitung bulan April 2023,” kata Teguh.

Teguh berharap sehingga pada bulan Mei seluruh ASN Pemko Tanjungpinang sudah menggunakan aplikasi Manajemen Kinerja tersebut secara keseluruhan.

Sumber: kominfo – Editor: red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *