Wako Rahma Harap Hasil Musrenbang Tanjungpinang Utamakan Penguatan Ekonomi

Penyerahan penghargaan pelaksanaan musrenbang terbaik dan kepada tokoh masyarakat yang berperan aktif dalam pelaksanaan musrenbang seusai pembukaan Musrenbang Tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2023

Pemerintah Kota Tanjungpinang melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota tahun 2023 guna menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024, Selasa (14/3/23).

Musrenbang yang bertema yang “Penguatan Ekonomi Kerakyatan Pasca Pandemi Covid 19 Menjadikan Kota Tanjungpinang Sebagai Tujuan Investasi Melalui Peningkatan Infrastruktur dan Pelayanan Publik Yang Ditopang oleh SDM Berkualitas” berlangsung selama dua hari, tanggal 14 – 15 Maret 2023.

Pelaksanaan tahun ini agak berbeda, untuk pertama kali Pemerintah Kota Tanjungpinang melaksanakan dengan  konsep terbuka, yakni berlokasi di Mall TCC Tanjungpinang.

Menurut Wali Kota Tanjungpinang Rahma, S.IP, kebijakan yang diambil dengan alasan agar masyarakat dapat melihat secara langsung bagaimana proses perencanaan pembangunan di Kota Tanjungpinang dilaksanakan.

“Itu juga sebagai bentuk dukungan Pemko Tanjungpinang dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid 19,” sebut Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP, M.M saat memberikan “Sekapur Sirih”.

Rahma menuturkan, kurang lebih dua tahun, pusat perbelanjaan baik pertokoan maupun mall sepi pengunjung. Ini saatnya bangkit untuk memulihkan dan menghidupkan kembali roda perekonomian, terkhusus di Kota Tanjungpinang.

“Ya salah satu yang dapat dilaksanakan dengan menggelar acara-acara besar di tempat umum seperti ini,” jelas Rahma.

Selain itu, Rahma juga mengingatkan kepada Perangkat Daerah untuk mengutamakan penguatan ekonomi kerakyatan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Tanjungpinang pasca terdampak pandemi Covid 19.

“Semua rumusan Renja, Perangkat Daerah harus mendukung upaya-upaya terhadap pencapaian dan perwujudan tema yang dimaksud agar seleras dengan Musrenbang Kelurahan dan Kecamatan. Nanti disinkronkan dengan dokumen perencanaan yang memayunginya,” ujar Rahma.

Wako Rahma juga mau menegaskan bahwa hasil setiap tahapan Musrenbang disinkronisasi, rekonsiliasi, serta harmonisasi untuk mencapai kesepakatan bersama. Dengan harapan keputusan yang diambil mengenai prioritas kegiatan pembangunan Kota Tanjungpinang yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Hj. Marlin Agustina yang ikut membuka Musrenbang Kota Tanjungpinang tersebut, memberikan apresiasi kepada Pemko Tanjungpinang atas pencapaian yang telah diraih.

Marlin menilai beberapa pencapaian Pemko Tanjungpinang dari infrastruktur sampai usaha mikro atau UMKM sangat luar biasa. Kolaborasi yang dilakukan tidak mudah, namun Pemko terus berupaya untuk kesana.

Kegiatan musrenbang ini disejalankan dengan penyerahan simbolis hasil musrenbang anak dan pemuda kepada Wali Kota, serta penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemko Tanjungpinang dengan Stisipol Raja Haji dan STT Indonesia Tanjungpinang.

Pemko Tanjungpinang juga turut memberikan penghargaan pelaksanaan musrenbang terbaik tingkat kelurahan dan kecamatan dan kepada tokoh masyarakat yang berperan aktif dalam pelaksanaan musrenbang. Turut juga penyerahan CSR atas komitmen tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Sumber: kominfo – Editor: red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *