Lomba Fashion Pakaian Adat Meriahkan Upacara Hari Sumpah Pemuda di Bintan

Setwan Bintan Riang Anggraini turut mengenakan pakaian adat Papua

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 di Kabupaten Bintan berlangsung meriah. Lomba fashion show pakaian adat Nusantara turut digelar setelah selesai upacara peringatan di lapangan relief Antam Kijang, Jumat (28/10/22).

Momen memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 ini, Bupati Bintan Roby Kurniawan membacakan sambutan Menpora RI Zainudin Amali.

Roby menyebutkan, Hari Sumpah Pemuda adalah upaya semua pihak menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Saya ini juga tergolong pemuda. Kita sebagai pemuda, mari kita menjadi agen perubahan, untuk membangun bangsa ke depannya,” ujarnya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 di Kabupaten Bintan ada hal menarik. Kepala daerah, Forkopimda dan OPD hingga camat, mengikuti lomba fashion show pakaian adat di Nusantara.

Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama Ketua TP-PKK Bintan Hafizha Rahmadhani tampil mengenakan pakaian adat Melayu tempo dulu (Melayu Lame). Disusul Pj Sekda Bintan bersama Istri dengan pakaian adat Minangkabau.

Seluruh FKPD dan Kepala OPD pun turut berbusana adat sesuai dengan kesukuan dan asal muasal. Dikatakan bahwa hal ini sebagai cerminan keberagaman yang dibalut dalam persatuan.

“Bintan ini salah satu negeri Melayu. Namun di sini, rumahnya semua suku bangsa,” kata Roby.

Roby mengajak seluruh elemen untuk memaknai Hari Sumpah Pemuda ini dengan kebangkitan semangat perubahan. Momentum ini menurutnya harus digagas dengan meneladani semangat para pemuda terdahulu.

“Kita patut bersyukur bahwa jasa para pemuda dulu yang melahirkan Sumpah Pemuda. Semangat yang mestinya kita teladani untuk kita terapkan bagi generasi penerus hingga akhirnya bisa menggoreskan sejarah dengan tinta emas,” tuturnya.

Sementara dalam gelar lomba fashion show pakaian adat Nusantara ini, pasangan Bupati Bintan Roby Kurniawan dinobatkan juara III. Sedangkan penampilan Sekwan Bintan Riang Anggraini menjadi terheboh dengan busana Papua.

Kemudian, Juara I, Pj Sekda Bintan dengan istri (Pakaian Adat Minangkabau), serta Juara II, Dansatrad 213 Bintan dengan istri (Pakaian Adat Melayu).

Sumber: kominfo – Editor: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *