Embung Telok Buton Ditarget Bulan Depan Suplai Air Bersih Kembali

Natuna, Poroskepri.com – Embung Telok Buton ditargetkan pada bulan April 2022 sudah bisa menyuplaikan air baku untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat, khususnya di wilayah Desa Telok Buton, Kecamatan Bunguran Utara.

Hal itu dikatakan Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Nusa Kabupaten Natuna Muhammad Zaki, saat dirinya meninjau pemasangan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Embung Telok Buton.

“Berharap masyarakat bisa bekerjasama dalam program PDAM tentang pengaktifan kembali terkait SPAM yang ada, dan InsyaAllah sebelum bulan puasa, air sudah tersuplai kepada warga,” ujar Zaki. Sabtu, (05/02/2022).

Dikatakan Zaki, Embung Telok Buton yang dibangun oleh BWS Sumatra V pada tahun 2016 itu sempat berfungsi menyuplai air bersih bagi masyarakat dan di kelola oleh pihak desa setempat.

Karena adanya kendala, operasional suplai air terhenti. Dan embung tidak berfungsi sampai saat ini. Meski intake, mesin pompa, hingga instalasi pipa telah terpasang sejak tahun 2018.

“Sekarang pihak desa menyerahkan embung ke Dinas PU, dan pengelolaannya di PDAM”, terang Zaki.

Lanjut Zaki, ketika Embung Telok Buton sudah berfungsi dengan baik, pihaknya akan segera menentukan tarif dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk kembali beralih menjadi pelanggan.

“Jadi, selama Embung ini tidak berfungsi, masyarakat memakai sumur untuk memenuhi kebutuhan air. Nanti setelah Embung ini berfungsi, akan kita ajak masyarakat kembali menjadi pelanggan kita”, pungkas Zaki.

Diketahui Embung Telok Buton memiliki kapasitas tekanan air sebanyak 5 liter per detik, dan 432 liter per kubik. Dengan demikian, diperkirakan debit air diperkirakan mampu bertahan menyuplai selama 2 bulan pada musim kemarau penuh.

Mon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *