Gubernur Kepri Dampingi Menkumham Apel Gabungan Hari Bhakti Imigrasi di Batam

Gubernur Kepri turut menghadiri upacara gabungan bersama Menteri Yasona Laoli

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mendampingi Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) RI Yasona Laoli menghadiri peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-72. Peringatan ditandai dengan Apel Nasional Gabungan  Imigrasi, TNI, Polri dan Instansi Terkait Pengawasan Dalam Rangka Penegakan Hukum Keimigrasian di Pelabuhan Bintang 99 Batu Ampar Kota Batam, Rabu (19/1/22).

Apel Nasional Gabungan sendiri dipimpin langsung Menkumham Yasona Laoli. Dalam amanatnya Menkumham Yasona mengatakan, Kemenkum dan HAM melalui tugas dan fungsi keimigrasian, ikut berkontribusi dalam menjaga wilayah kedaulatan NKRI baik darat laut dan juga udara.

Maksud fokus imigrasi menurut Yasona adalah, melakukan pemeriksaan lalu lintas orang antar negara di wilayah Indonesia. Dimana menitik beratkan pemeriksaan secara menyeluruh baik WNI atau WNA yang menggunakan dokumen keimigrasian.

Masih kata Menkumham, pihaknya juga terus melakukan pelayanan keimigrasian kepada publik dengan semakin Profesionalitas, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif atau si (PASTI), yang ditandai dengan mengedepankan pemanfaatan teknologi informasi sehingga akan meningkatkan Penerimaan Negara Buka Pajak (PNPB) untuk pembangunan nasional.

Pada apel gabungan kali ini ada pertunjukan demo patroli gabungan pengawasan, yakni patroli operasi udara dengan menggunakan pesawat Boing 737 TNI AU yang melakukan pengintaian tempat strategis wilayah perbatasan laut Indonesia, yakni antara  perairan di wilayah Batam dengan negara Singapura.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Kepri Ansar Ahmad  juga menyerahkan bantuan kapal imigrasi dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belakang Padang. Adapun Ketua  Badan Pengusahaan Batam Muhammad Rudi menyerahkan bantuan hibah tanah.

Bantuan armada kapal imigrasi dan hibah tanah diterima langsung oleh Plt Direktur Jendral Imigrasi Widodo Eka Cahyana.

Kemudian, seusai apel gabungan, Menkumham melakukan vicon dengan Kanwil Kemenkumham Halim Jakarta, Kanwil Kemenkumham Sorong Papua, Kanwil Kemenkumham Denpasar  Bali dan Kanwil Kemenkumham Palu Sulawesi Tengah.

Sumber: humas – Editor: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *