Guru SMP/Sederajat Se-Kabupaten Natuna Dapat Penyuluhan Pengutamaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

Poroskepri.com, NATUNA – Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Penyuluhan Pengutamaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik bagi Guru SMP/Sederajat Se-Kabupaten Natuna. Pada 12—14 Oktober 2021 di Hotel Tren Central, Ranai, Natuna.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Suherman.

Tiga puluh peserta yang hadir pada kegiatan dimaksud adalah para kepala sekolah dan guru yang berada di Ranai, Natuna.

Diantaranya Kepala sekolah dan guru serta perwakilan dari SMPN 1 Bunguran Timur, SMPN 2 Bunguran Timur, SMPN 3 Bunguran Timur, SMP Nurul Jannah, MTs Negeri 2 Natuna, SMPN 1 Bunguran Tengah, MTs Baburrahmah, SMPN 1 Bunguran Selatan, MTs Darussalam Singgang Bulan, SMPN 1 Bunguran Timur Laut, SMP Satap Pengadah, dan MTs Kelanga.

Tujuan penyuluhan tersebut untuk membekali para peserta serta dengan berbagai materi mengenai penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Nantinya materi-materi tersebut disampaikan oleh empat narasumber, yakni : Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Suherman. Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau Asep Juanda. Dari Universitas Internasional Batam, Susilawati. Dan dari Universitas Maritim Raja Ali Haji, Legi Elfitra.

Adapun materi penyuluhan yang diberikan selama tiga hari tersebut adalah materi penyuluhan bahasa Indonesia yaitu enggunaan Bahasa Indonesia di sekolah, kebijakan bahasa, ejaan bahasa Indonesia, bentuk dan pilihan kata, kalimat, paragraf, dan pengutamaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik.

Pada setiap selesai penyampaian materi peserta dikasih kesempatan melakukan diskusi dan tanya jawab dengan narasumber dan juga berfoto bersama.

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan menambah sikap positif masyarakat terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan memasyarakatkan pengutamaan bahasa negara di ruang publik.

Dalam kesempatan itu Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau menyerahkan cenderamata berupa plakat kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna. ***

Mon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *