Natuna Berpeluang Besar Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Kelautan.

Poroskepri.com Natuna – Sangat jelas apa yang dikatakan Mentri Kelautan Perikanan, Wahyu Sakti Trenggono saat berkunjung ke Natuna, dua bulan lalu. Tepatnya Kamis, 22 April 2021.

Ia mengatakan bahwa daerah di ujung Utara Indonesia ini berpotensi sangat besar, seperti dibidang Budi Daya Ikan. Bahkan Natuna sudah export ikan dengan customernya dari Hongkong langsung menjemput ke Natuna.

Begitu juga dengan Perikanan Tangkap, dirinya juga menyebutkan sangat berpotensi. Karena sudah didukung oleh Sentra Perikanan dan Kelautan Terpadu (SKPT ).

“Saya sudah lihat Budi Daya Ikanya, Perikanan Tangkapnya. Dan saya sedang mengkaji, akan menjadikan Natuna sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Kelautan. Ini sangat penting dan harus ada,” ucap Wahyu Sakti Trenggono saat itu.

Karena menurutnya, salah satu kehidupan dimanapun sekarang ini oreintasinya sudah ke laut dan makanpun juga arahnya kelaut.

“Sekarang arahnya sudah ke Ekonomi Biru yaitu kelautan. Aspek ekologi dan ekonominya juga kita jaga. Dan kita harus berada ditengah-tengahnya,” ujar Wahyu Sakti Trenggono, seperti dikutip dari chanel you tube KKP.

Dirinya berjanji akan langsung membahas dengan Pemerintah Pusat terkait pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Kelautan di Natuna.

“Saya langsung bicarakan nanti di pusat. Jadi disini (Natuna) nantinya ada industri, ada Budi Daya, ada prosesing dan fasilitas lainya,” jelas Wahyu Sakti Trenggono.

Menanggapi wacana dari KKP itu, Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, mendukung penuh apa yang direncanakan KKP untuk Natuna. Ucap Kabid Pengelolaan dan Pemberdayaan Usaha Perikanan Budidaya Wan Mansur, saat dikomfirmasi poroskepri, via WhatsApp. Kamis, (10/6/2021).

“Kami dari Dinas Perikanan mendukung penuh rencana menteri KKP. Untuk menyukseskan kawasan ekonomi khusus,
dinas akan berupaya untuk memberikan informasi dan fasilitas guna mendukung rencana tersebut.” jelasnya.

Menurutnya kesempatan itu harus dimaksimalkan agar optimalisasi sumberdaya kelautan khususnya produk perikanan dan industri pengolahan cepat terwujud.

Sesuai dengan bidangnya Pengelolaan dan Pemberdayaan Usaha Perikanan Budidaya, Wan Mansur menuturkan apa yang telah dia konsep.

“Di sektor budidaya, Dinas Perikanan mengkonsep tentang sentra budidaya perikanan dengan mengusung konsep ‘Kampung Lobster, Kampung Kerapu dan Kampung Rumput Laut. Untuk itu diperlukan pusat pembenihan ikan guna menyokong program tersebut.” Ujar Wan Mansur.

Mon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *