Jejak Karier Wan Siswandi Sebagai Calon Bupati Natuna

Wan Siswandi putra asli Natuna yang mencalonkan diri menjadi Bupati Natuna Periode 2021-2024

Putra asli Natuna bernama Wan Siswandi, sekarang jadi kandididat calon Bupati Natuna Periode 2021-2024, dengan Wakilnya Rodial Huda, salah seorang tokoh maritim Nasional yang juga merupakan asli putra daerah Natuna, kelahiran Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat.

Melihat kedekatan Wan Siswandi dengan Pemerintah Pusat dan ditambah pengalamannya sebagai ASN. Tak diragukan lagi, Wan Siswandi bisa mewujudkan Natuna Sejahtera, Rukun, Beriman dan Harmonis.

“Song kite lihat jejak karier Wan Siswandi.”

Dilansir dari status akun Facebooknya, Siswandi  terlahir dari pasangan Wan Abdulatif dan Wan Aminah, lahir di Desa Sungai Ulu pada tanggal 02 Januari, 1969 silam.

Pada tahun 1983, Siswandi mengakhiri masa sekolah pendidikan dasar di SD Negeri 009 Sepempang. Kemudian melanjutkan ke tingkat menengah pertama di SMP Negeri 1 Ranai dan menyelesaikan bangku sekolahnya di SMA 1 Ranai tahun 1998.

Setelah menyelesaikan pendidikan sekolah di Natuna, kemudian Ia melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi pada Universitas Islam Riau, meraih ijazah S1 hingga S2 di universitas yang sama Tahun 2009.

Nama Siswandi sebenarnya sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Natuna, pasalnya Ia memiliki banyak pengalaman menduduki jabatan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Natuna.

Sebelumnya diketahui Siswandi meniti karier awalnya sebagai Kepala Desa Sepempang pada tahun 1997-2000.

Pada saat itu, Ia mengikuti tes PNS dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dan lulus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Di bidang Pemerintahan, Siswandi menduduki sejumlah jabatan lainnya, seperti Sekretaris Kelurahan Ranai pada di Tahun 2003-2004.

Kemudian Pada tahun 2004-2005, Siswandi menduduki jabatan sebagai Lurah Ranai. Pada tahun 2005-2006, Ia pun sempat menjabat sebagai Camat Bunguran Timur.

Selanjutnya Siswandi kembali diamanahkan sebagai Kepala Bagian Kepegawaian di Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna pada Tahun 2006-2008.

Seiring waktu karir Siswandi terbilang meningkat, menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Natuna pada tahun 2008-2011. Kemudian Wan Siswandi diamanahkan menjadi Kepala Dinas Perhubungan Natuna untuk periode tahun 2011-2016.

Sejumlah jabatan lain juga pernah diembannya, sosok yang dikenal akrab dengan masyarakat ini pernah menjabat Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Natuna.

Pada tahun 2016, puncak karir Siswandi sebagai Abdi Negara akhirnya diraih. Dia diamanahkan sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna di masa kepemimpinan Bupati Abdul Hamid Rizal selama 4 tahun.

Namun tepat pada hari Rabu Tanggal 19 Agustus 2020 lalu, Siswandi memutuskan mengundurkan diri sebagai Sekda Natuna, karena Ia bertekad ingin membangun Natuna lebih baik kedepan dengan mencalonkan diri sebagai kepala daerah pada Pemilu Kada Serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Pengunduran diri dari jabatan Sekda oleh Siswandi, memang sudah merupakan amanat Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) jika mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Diketahui Siswandi maju pada Pilkada 2020 diusung oleh 7 partai diantaranya seperti partai PDI, Hanura, Demkorat, PPP, Nasdem, Perindo, dan Gerindra.

Selain itu, Ia juga didukung oleh 2 partai lainnya yakni partai PKB, dan Partai Gelora.

Atas rencana dan niat baik ini, tentunya pasangan Wan Siswandi-Rodhial Huda mengharapkan do’a serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, agar terwujudnya Natuna Sejahtera, Rukun dan Harmonis. (mon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *