Buka Pelatihan SAR di Natuna, Hamid Minta Peserta Serius Mengikuti

Bupati Kabupaten Natuna, Hamid Rizal membuka acara Latihan SAR Daerah Tahun 2020 Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna, di Hotel Natuna, Selasa (25/8/20).

“Meningkatkan Sinergitas Dalam Rangka Penyelenggaraan Operasi Pencarian dan Pertolongan di Perairan Kabupaten Natuna”.

Dalam sambutannya, Hamid berharap kepada semua peserta agar betul-betul serius mengikuti latihan SAR yang diselenggarakan.

Menurut Hamid, dasar pemahaman ilmu SAR itu sangat penting. Selain bisa mengantisipasi kecelakaan, juga bisa menangani langsung kecelakaan.

“Saya berharap semua peserta mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh. Ini sangat penting, suatu saat pasti berguna bagi masyarakat khususnya Natuna,” ujar Hamid.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna, Mexianus Bekabel, dalam laporannya mengatakan, peserta latihan SAR ada sebanyak 27 peserta, terdiri dari TNI-Polri, Ormas, dan OPD.

Latihan SAR ini untuk melatih anak daerah menjadi potensi SAR. Menurut Mexianus, pengenalan teknik penyelamatan ini bertujuan, jika terjadi kecelakaan akan punya kemampuan antisipasi atau menangani kecelakaan dilaut maupun udara.

Mexianus juga mengatakan, yang lebih penting adalah memantapkan kerja sama antara pemerintah dan instansi terkait, agar terjalinya komukasi yang lancar.

“Peserta Latihan SAR harus memahami dan bisa memaparkan pertolongan pertama,” sambungnya.

Ketika terjadi kecelakaan, sambungnya, Basarnas Natuna akan lebih cepat dapat informasi, sehingga personil bisa dengan cepat berkoordinasi dengan Pos AL.

“Pemerintah daerah atau instansi terkait akan dapat melakukan pertolongan tepat waktu.” jelas Mexianus lagi.

Tampak hadir Ketua DPRD beserta anggota, FKPD, OPD tokoh masyarakat dan peserta Latihan SAR. (mon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *