Dorong Pertumbuhan Ekonomi Bintan, Apri Resmikan Pujasera di Kawal

Pujasera usaha ekonomi produktif warga Kelurahan Kawal ini diberi nama Akaw, singkatan dari Aneka Kuliner Kawal (Akaw) Kawal. Akaw ini dikelola oleh Karang Taruna Kawal Madani, Kelurahan Kawal. Penyediaan pujasera Akaw Kawal ini dibantu dari APBD Bintan, melalui dana kelurahan.

”Alhamdulillah, baru diresmikan oleh Pak Bupati Bintan H Apri Sujadi, Sabtu(25/7) malam. Bagi yang ingin menikmati aneka kuliner, silakan datang ke Akaw Kawal. Tempatnya, pas di depan GOR Kawal,” kata Arief Sumarsono, Camat Gunung Kijang, di sela peresmian Akaw Karang Taruna Kawal Madani, Kelurahan Kawal.

Arief yang juga menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Kabupaten Bintan ini mengatakan, pujasera usaha ekonomi produktif Akaw Kawal ini dibangun, untuk memanfaatkan halaman GOR Kawal.Selama ini, halaman GOR tersebut tidak termanfaatkan.Sekarang, dijadikan pusat penjualan kuliner, guna membuka peluang usaha ekonomi masyarakat. Khususnya masyarakat Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang.

”Pendirian Akaw Kawal ini, satu dari sekian upaya Pak Bupati Bintan, guna mendorong pertumbuhan ekonomi pascapandemi Covid-19. Tahap awal ini, ada 18 stan yang disediakan di Akaw Kawal. Semoga ekonomi warga semakin berkembang,” harap Arief Sumarsono.

Bupati Bintan H Apri Sujadi meresmikan Akaw Karang Taruna Kawal Madani, Sabtu (25/7) malam, dalam kondisi hujan.Namun demikian, kegiatanperesmian dan syukurantetap berlangsung. BupatiBintan menyampaikan,Akaw ini merupakan tempat baru untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat Kawal.

”Tadi sore, mengunjungi Desa Telukbakau dan Desa Malang Rapat, cuaca hujan. Setelah itu, langsung ke Kawal. Di sini, hari juga hujan. Mudah-mudahan peresmian Akaw di saat hujan ini, menjadi berkah. Diharapkan Akaw Kawal ini bisa menggerakan sektor ekonomi kreatif. Khususnya para pedagang kita di Kawal, sekitar GOR ini,” ujar Apri Sujadi.

Dalam menjalankan usaha ekonomi produktif di Akaw Kawal ini, bupati berpesan, agar para pedagang dan pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan, guna mencegah penularan Covid-19.

”Saya senang, para pedagang antusias untuk berjualan aneka kuliner di Akaw ini,” ucap Apri Sujadi.

Selain di Kelurahan Kawal, Apri juga ingin mendorong pendirian pujasera di setiap kecamatan. Sehingga, ekonomi masyarakat khusus para pedagang kuliner bisa bangkit kembali, setelah pascapandemi Covid-19.

Apri Sujadi menyerahkan bantuan kepada warga yang bersumber dari ASN di Pemkab Bintan

Pada kesempatan itu juga, Bupati Bintan, Apri Sujadi beserta OPD juga memberikan bantuan berupa sembako pada masyarakat di sekitar wilayah Gunungkijang. Sembako itu berasal dari para ASN untuk membantu masyarakat yang terimbas covid-19.

Di tempat yang sama, Camat Gunungkijang mengatakan pihaknya melalui dana Kelurahan telah memberikan bantuan berupa Meja Payung, Kursi dan Gerobak untuk berjualan.

“Hingga saat ini ada 18 penjual yang berjualan di AKAW Karang Taruna ini. Mereka semuanya warga Kelurahan Kawal dan harapan kami semoga AKAW ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kita,”sebutnya.

Sementara itu, salah satu penjual di lokasi, Imam mengatakan berterimakasih pada jajaran Lurah, Camat dan Pemkab Bintan yang telah memfassilitasi tempat usaha. Sehingga ia bersama istri bisa menyalurkan hobby berusaha serta memperoleh penghasilan.

“Saat ini tahu sendiri lah kondisi ekonomi sedang merosot. Dan untungnya pihak Kecamatan membuka tempat ini, sehingga bisa berjualan untuk memenuhi kebutuhan di rumah,”bebernya.

Masih kata Imam, meskipun baru dua minggu berjualan di tempat itu, namun ia merasa terbantu. Pasalnya, untuk setiap malamnya ia dan istri tercinta bisa menghasilkan hingga Rp 100 ribu bersih.

“Pokoknya lumayan lah bang dan sangat membantu kami,” tutup pria yang mengaku sudah tidak bekerja sejak wabah corona masuk Bintan.

Sumber: Humas

Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *