Kujungan 2 Menteri ke Kepri: Ajak Masyarakat Siap Jalani Kehidupan Baru

Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian mengunjungi RSKI Galang, Batam, Kamis (4/6) petang. Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto turut hadir mendampingi.

Dalam kunjungan itu, Mahfud mengajak masyarakat untuk siap menjalani tatanan kehidupan baru. Yang terpenting dalam menjalankannya adalah dengan mentaati protokol kesehatan.

“Pemerintah sangat serius dan bersungguh-sungguh dalam menangani pandemi ini,” kata Mahfud.
Bentuk keseriusan itu, sambung Mahfud, sudah dilakukan sejak akhir 2019. Salah satunya dengan memutus penerbangan internasional dari negeri China.
Menurutnya, pada 6 Februari, pemerintah telah memutuskan untuk membangun rumah sakit khusus penanganan Covid-19 di Galang ini.

“Keseriusan lainnya adalah dengan cepat membentuk gugus tugas, memberikan apresiasi berupa insentif kepada petugas medis, penyediaan alat kesehatan untuk penanganan pandemi hingga relokasi anggaran negara,” jelasnya.

Mahfud pun berterima kasih atas dedikasi dan ketulusan rekan-rekan medis. Sebagai garda terdepan yang menangani pasien, negara memberikan apresiasi setinggi-tingginya.

Sementara itu, Kepala RSKI Galang Khairul Ihsan Nasution, mengatakan, sejak diresmikan penggunaannya pada 6 April 2020 dan mulai menerima pasien pertama kali tanggal 13 April 2020. Total pasien yang sudah ditangani mencapai 150 orang.

“Sebanyak 49 pasien masih positif, namun sudah 98 pasien telah dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan,” jelasnya.

Kharirul juga menyampaikan prihal kendala yang dihadapi saat ini. Kurangnya kendaraan operasional, mengingat jarak gedung rumah sakit yang berjauhan. Selain itu, insentif juga sampai saat ini belum pernah diterima.

Rumah sakit itu sendiri memiliki fasilitas 360 kasur isolasi, 20 kasur ICU, dan 30 kasur non ICU,  ruang karantina sebanyak 240 tempat tidur dengan jumlah tenaga pendukung sebanyak 276 petugas. Rumah sakit juga didukung dengan  22 dokter spesialis.

Kehadiran dua menteri juga dihadiri Kapolda Kepri Irjend Pol Aris Budiman, Danrem 033 Wirapratama Kol Inf Harnoto, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah dan Walikota Batam Muhammad Rudi. (Hms/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *