Ingatkan Disiplin dan Kebersamaan, Isdianto Yakin Corona Sirna Dari Kepri

Masyarakat harus terus diingatkan untuk menjalankan hidup yang disiplin dalam upaya mencegah penyebaran Covid19. Selain itu juga harus saling mengingatkan agar mematuhi semua himbauan pemerintah.

Prihal itu, menurut Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Kepri, Isdianto, agar pasien di Kepri terus menurun. Baik yang positif, dalam pengawasan maupun orang tanpa gejala.

“Kalau semua diserahkan kepada pemerintah tentu tidak akan bisa. Kalau ditangani bersama-sama, saya yakin corona segera sirna dari Kepri,” kata Isdianto saat menyerahkan Bantuan Mobil Penyemprotan Disinfektan dan Bantuan Wifol di Gedung PMI Kota Batam, Sabtu (25/4).

Penyerahan berupa satu unit Mobil Daihatsu Gran Max, 60 dus wipol dan tiga jas hujan. Penyerahan bantuan secara langsung kepada Ketua PMI Batam, Sri Sudarsono. Tampak hadir Ketua PKK Kepri Rosmeri Isdianto dan sejumlah pengurus PMI Kepri dan Kota Batam.

Isdianto mengatakan, saat ini tren penurunan pasien yang terdampak covid19 semakin besar. Ia berharap virus tersebut benar-benar sirna di Kepri.

“Dalam data Tim Gugus Tugas, penurunan terjadi di sejumlah kategori. Sejak 17 Maret lalu, sudah 208 PDP selesai pengawasan dari 281 PDP yang tercatat,” jelasnya.
Demikian juga dengan ODP yang sudah selesai pemantauan mencapai 2.379 pasien dari 3.058 pasien. Isdianto menambahkan, dari kategori 1.769 orang tanpa gejala (OTG), sudah dilakukan pengecekan swab test dengan 65 negatif dan 9 terkonfirmasi positif.
“Sembilan pasien positif ini melengkapi jumlah pasien positif di Kepri menjadi 54 hingga Sabtu (25/4) lalu. Mereka tersebar di Batam dengan 29 pasien, Tanjungpinang sebanyak 21 pasien, serta Karimun dan Bintan masing-masing dua pasien,” jelasnya.
Jumlah di Kepri belum termasuk cluster KM Kelud yang berjumlah 29 orang dan dirawat di RS Galang.
Dari 54 pasien itu, masih menurut Isdianto, 26 sedang menjalani perawatan dan 11 orang sedang melaksanakan karantina. Dari jumlah itu, sembilan di antaranya sudah sembuh dan delapan meninggal dunia.
Menurutnya, Tim Gugus Tugas terus melakukan perluasan kelompok masyarakat untuk dilakukan rapid test. Sampai saat ini, sudah 2.692 pasien yang menjalani rapid test dengan hasil 77 reaktif dan 2.615 non reaktif.
Isdianto menambahkan, protokol kesehatan harus dijalankan dengan disiplin kuat untuk mencegah sebaran covid19 ini. Di antaranya selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun ataupun hand sanitizer. Selain itu juga harus menggunakan masker jika terpaksa keluar rumah, selalu menjaga jarak serta meningkatkan daya tahan tubuh.
“Harapan kita, semoga corona segera sirna dari Kepri,” kata Isdianto. (HMS/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *