Gubernur Berharap Pembangunan Rumah Sakit di Galang Bermanfaat Untuk Kepri

Rencana pemerintah pusat membangun rumah sakit di Pulau Galang, Batam, mendapat respon positif oleh Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto. Kehadiran rumah sakit tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Kepri.

Lebih dari itu, Isdianto pun yakin bahwa rencana atas kebijakan pemerintah pusat ini diharapkan dapat berkesinambungan, sehingga keberadaan rumah sakit ini benar-benar bermanfaat ke depannya.

“Berharap ada kesinambungan, karena kehadiran rumah sakit ini tentu akan memiliki SDM dan peralatan canggih yang disediakan pemerintah pusat,” kata Isdianto, setelah menerima laporan rencana pembangunan RS di Galang, Batam, Rabu (4/3).

Untuk memastikan rencana pembangunan rumah sakit tersebut, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Menteri PUPR Basuki Hadimulyanto pun hadir di Batam.

Adapun keberadaan rumah sakit itu untuk sementara difokuskan pada penyakit infeksi menular. Saat ini kasus yang sedang mewabah adalah penyakit covid19 atau corona virus.

Lokasi yang ditinjau Panglima TNI adalah di kawasan camp pengungsi vietnam di Pulau Galang. Tepatnya di lokasi rumah sakit camp galang, yang saat ini kondisinya sudah rusak.

Isdianto menghimbau masyarakat untuk sama-sama mendukung pembangunan rumah sakit ini. Karena rumah sakit ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada saat ini maupun masa yang akan datang

Ia mengaku telah mendapat laporan dari Kadis Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana bahwa pembangunan akan segera dilakukan. Hanya butuh waktu sekitar 1 bulan dengan kapasitas 1000 tempat tidur dan 50 ruang isolasi bertekanan negatif.

“Melihat manfaat ke depan, Kepri dipastikan akan memiliki sebuah rumah sakit khusus penyakit infeksi,” papar Isdianto.

Selama ini, sambung Isdianto, di semua rumah sakit penderita penyakit menular bergabung dengan penderita penyakit tidak menular. Ia menilai, keadaan ini membuat sangat terbuka untuk terjadinya infeksi nosokomial yaitu penularan yang terjadi di sebuah rumah sakit.

Dalam catatan Dinas Kesehatan Kepri, saat ini penyakit-penyakit menular di Negeri Segantang Lada, antara lain TBC, Hepatitis, Pneumonia, Saluran pencernaan, Typhus, DBD, Malaria.

Sebagai wilayah yang bertetangga dengan beberapa negara, menurut hemat Isdianto, sangat terbuka untuk terjadinya penularan penyakit emerging deseases dan new emerging deseases. Yang saat ini sedang mewabah adalah covid19.

Sumber: Humas / Editor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *