Rakor Dinas Pendidikan Kepri 2020: Program Pendidikan Harus Semakin Berkualitas

Pemerintah Provinsi Kepri memastikan akan mendukung program baru dunia pendidikan yang digagas oleh Menteri Pendidikan Indonesia Nadiem Makarim. Program-program yang dicanangkan tentunya akan mewujudkan kemajuan pendidikan, Khususnya di Kepri.

Dukungan terhadap kemajuan dunia pendidikan tersebut disampaikan Plt Gubernur Kepri H Isdianto, saat membuka Rapat Koordinasi & Evaluasi Dinas Pendidikan Se- Provinsi Kepri Tahun 2020 di Hotel Travelodge, Batam, Senin (24/2/20).

Kegiatan Rakor sendiri dilaksanakan hingga tanggal 26 Februari 2020. Rakor kali ini bertema “Dengan Kebijakan Merdeka Belajar Kita Wujudkan Pendidikan Berkualitas di Provinsi Kepri”.

Menurut Isdianto, kemajuan pendidikan di Kepri terus meningkat, prihal tersebut adalah berkat dukungan semua pihak. Saat ini pemerintah tetap fokus mewujudkan SDM Unggul.

“Oleh karena itu SDM unggul di Kepri harus terus lahir. Lembaga pendidikan sangat berperan untuk mewujudkan itu,” ucapnya.

Saat ini pun, masih menurut Isdianto, ada beberapa program yang perlu penyelarasan, diantaranya adalah Ujian Nasional (UN) yang akan diganti dalam bentuk Asesmen Kompetensi Minimum dan survei karakter. Dimana, asesmen tersebut nantinya menekankan pada kemampuan penalaran literasi dan numerik.

“Tidak itu saja, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pelaksanaanya akan diserahkan kepada masing-masing sekolah. Artinya setiap sekolah diberi kebebasan menilai kelulusan siswa,“ jelasnya.

Demikian juga Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menurutnya, RPP cukup dibuat satu halaman. Ini bisa menghemat setiap guru dalam menyusun administrasi rencana pembelajaran.

Mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), kata Isdianto, secara umum pemerintah daerah diberikan kewenangan secara teknis, untuk menentukan daerah zonasi.

Plt Gubernur Kepri Isdianto membuka resmi Rakor Dinas Pendidikan Kepri Tahun 2020

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kepri Muhammad Dali mengatakan, pelaksanaan rakor kali ini untuk mewujudkan kemajuan pendidikan di Kepulauan Riau. Kemajuan dan keberhasilan pendidikan di Kepri hanya bisa tercapai apabila setiap pemangku kebijakan saling mendukung.

“Muaranya akan tercipta apabila ada koordinasi yang baik, terlaksananya iklim kerjasama dan komitmen yang tinggi dalam memajukan pendidikan,” terangnya.

Ia menambahkan, karena Ujian Nasional akan diganti menjadi Assesment Kompetensi Minimun, rakor saat ini juga fokus terhadap persiapan penyelenggaraan pendidikan Ujian Nasional, karena tahun ini merupakan pelaksanaan terakhir.

Rakor tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah Se-Kepri, Kepala OPD Kepri, Anggota DPRD Kepri dan undangan lainnya. (Hms/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *