Paripurna Pelantikan Ke 45 Anggota DPRD Kepri Periode 2019-2024

Sebanyak 45 anggota DPRD Provinsi Kepri periode 2019-2024 mengambil sumpah jabatan dalam Paripurna Istimewa. Paripurna juga disejalankan dengan pemberhentian anggota DPRD Kepri masa jabatan 2014-2019, di DPRD Kepri Balairung Raja Khalid, Dompak, Tanjungpinang, Senin (9/9/2019).

Pengambilan sumpah dipimpin Wakil Kepala Pengadilan Tinggi Riau, berdasarkan Kepmendagri nomor 161.21-3976 tahun 2019 tentang pengangkatan anggota DPRD Provinsi Kepri masa jabatan 2019-2024.

Mengingat unsur pimpinan DPRD Kepri difinitif belum ditetapkan, Lis Darmansyah, dari PDI Perjuangan ditunjuk sebagai Ketua DPRD Sementara. Sedangkan untuk Wakil Ketua dari partai Golkar, Asmin Patros di tunjuk untuk menjabat sementara.

Sementara itu, dalam membacakan naskah dari Menteri Dalam Negeri RI, Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto mengatakan bahwa Pemilu tahun 2019 ini merupakan pemilu paling rumit dan terkomplek di dunia. Berkat dedikasi dan kedewasaan peserta maupun cara fikir masyarakat, setiap tahapan dapat diselesaikan dengan baik.

“Barusan kita saksikan prosesi pelantikan anggota DPRD Kepri. Ini artinya kita telah berhasil melangsungkan prosesi pergantian anggota DPRD secara konstitusional, demokratis, tertib, aman dan damai,” ujar Isdianto.

Isdianto pun mengatakan, Pemprov Kepri berterima kasih kepada KPU, Bawaslu, partai-partai politik, unsur keamanan dari TNI maupun Polri dan unsur lainnya. Penyelenggaraan Pemilu di Kepri berjalan dengan aman dan tertib.

Tidak lupa juga, adik mendiang H. Muhammad Sani ini mengajak seluruh anggota DPRD Kepri yang baru dilantik serta seluruh unsur masyarakat agar bisa bersinergi dalam membangun Kepri.

Pimpinan DPRD Kepri sebelumnya dengan Pimpinan Sementara periode 2019-2024

Terdapat sejumlah proyek strategis di Kepri yang akan segera dilaksanakan, yakni pembangunan jembatan Batam-Bintan, beberapa KEK, pengembangan bandara Hang Nadim, pengembangan pelabuhan Batu Ampar dan sebagainya.

“Kita perlu bersinergi untuk mewujudkan seluruh rencana pembangunan yang akan dilaksanakan di Kepri tersebut. Posisi geografis strategis yang dimiliki Kepri harus meberikan dampak positif bagi perkembangan daerah dan masyarakat,” kata Isdianto melalui naskah yang dia baca.

Anggota DPRD Kepri periode 2019-2024

Sementara itu ketua DPRD Kepri sementara Lis Darmansyah dalam sambutannya, secara pribadi dan mewakili seluruh anggota DPRD yang baru dilantik mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kepri yang sudah menaruh kepercayaan penuh untuk duduk di kursi legislatif.

“Insya Allah kepercayaan ini akan kita laksanakan dengan penuh tanggungjawab. Tanggungjawab secara vertikal dan horizontal,” kata Lis darmansyah.

Sebanyak 45 anggota DPRD Kepri yang baru dilantik dalam kesempatan ini, diklasifikasikan jumlah keterwakilan berdasarkan partai politik adalah PDI-P sebanyak 8 kursi, Golkar 8 kursi, PKS 6 kursi, Nasdem 6 kursi, Gerindra 4 kursi, Demokrat 4 kursi, Hanura 3 kursi, PKB 3 Kursi, PAN 2 kursi dan PPP 1 kursi. 

Sumber: Humas/Editor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *