Bupati Bintan Tegaskan PT BAI Latih Tenaga Lokal Kontinue

Bupati Bintan Apri Sujadi bersama Kepala PTSP Kabupaten Bintan Hasfarizal Handra serta sejumlah OPD terkait lainnya meninjau Kawasan KEK Galang Batang Bintan, Kec Gunung Kijang, Senin (29/7) pagi.

Kawasan KEK Galang Bintan yang diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pada Desember 2018 yang lalu, kini terlihat terus melakukan proses pembangunan.

Status KEK Galang Batang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 Tahun 2017 pada tanggal 12 Oktober 2017, Apri Sujadi berharap dapat memberikan dampak yang signifikan bagi daerah.

Selain itu, dalam peninjauan itu, Apri pun dengan tegas meminta PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) dapat menyiapkan pelatihan secara kontinue bagi proses rekrutmen tenaga kerja lokal.

”Tindak lanjutnya kemaren telah dibuka pelatihan skitar 65 orang tenaga lokal dengan berbagai kompetensi. Semua biaya ditanggung oleh PT BAI guna mendukung pengoperasian perusahaan kedepan,” ujarnya.

Dirinya juga mengapresiasi, peserta yang mengikuti pelatihan ditanggung oleh pihak perusahaan. Peserta mendapat tambahan uang saku sekitar Rp 3 juta per orang saat pelatihan di Nanshan College, China mulai September hingga 2019 hingga Juni 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Santoni selaku Direktur PT Bintan Alumina Indonesia mengatakan bahwa progress pembangunan KEK Galang Batang telah membebaskan lahan seluas 1.750 hektar. Saat ini telah melakukan pematangan lahan sehingga 340 hektar.

“Untuk proses pekerjaan jalan di kawasan tersebut sudah terbangun sepanjang 2,00 Km dari 8,08 Km yang telah ditargetkan. Untuk daya pendukung tenaga listrik telah dipasang sebesar 0.8 MVA oleh PLN di kantor Administrator KEK Galang Batang,” tambahnya.

Rencananya daya listrik pendukung dengan kapasitas mesin 2 x 1.3 MW dari PLN. Pihak Administrator terus melakukan koordinasi ke pemerintah pihak-pihak terkait guna pengoperasian perusahaan tersebut.

Sumber: Humas/Editor: Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *