Event Ironman Bintan ‘Mencuri’ Perhatian International

Bintan – Kembali lagi Bintan di ‘serbu’ para pecinta olahraga Ironman mancanegara. Tercatat 1.200 peserta dari 54 Negara ikut dalam event internasional Ironman yang berlangsung di Lagoi Bay, Minggu (19/8) pagi.

Event ini merupakan event kompetisi yang keempat kalinya. Pemerintah Bintan melalui Dinas Pariwisata dan bersama pihak BRC Group benar-benar berbenah untuk pencapain yang lebih membanggakan.

Perlombaan dilepas langsung oleh Wakil Bupati Bintan Drs. H. Dalmasri Syam, Sekda Bintan Drs. Adi Prihantara, MM dan Kapolres Bintan AKBP. Boy Herlambang bersama jajaran Kepala OPD Bintan.

Antusiasme peserta tampak ingin membuktikan ketangkasan diri masing-masing. Beragam persiapan pun telah dilakukan, bahkan sejak tiga hari sebelumnya saat para peserta mulai tiba di Bintan.

Ironman sendiri merupakan kiblat dari olahraha Triathlon, menjadi olahraga dengan platform terbesar, dengan total jarak 113 Km.

Peserta harus melalui tiga tahapan, mulai dari Perpeft Swim Conditions (berenang 1,9 Km), Spectacular One Lap-Bike Course (bersepeda 90 Km) dan Scenic Run Course (berlari sejauh 21,1 Km) sampai ke finish.

Wakil Bupati Dalmasri saat ditemui menerangkan, event Ironman 70.3 menjadi sesuatu kebanggan Bintan. Perhelatan ini sekaligus promosikan destinasi wisata kita yang ada di Kabupaten Bintan.

“Semaksimal mungkin Bintan akan mensupport Ironman 70.3 yang telah menarik perhatian dunia ini,” ujarnya ditemui seusai melepas peserta lomba.

Ironman 70.3 selain yang pertama, juga satu-satunya di Indonesia peringkat ketiga terbaik dunia. Bahkan lintasan rute renang dan rute sepeda terbaik se Asia, sehingga mendapat slot kualifikasi untuk IRONMAN WORLD CUP 2018.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luky Zaiman Prawira memaparkan, total hadiah mencapai US$ 15.000. Event ini diikuti 15 % peserta asal Indonesia dan 85 % peserta Internasional.

Ia juga mengatakan, ada peningkatan jumlah participant sebesar 30 %. Selain itu pihaknya gandeng Metasport sebagai EO-nya. Tercatat juga tingkat kepuasan peserta mencapai 95 %.

“Saat ini Ironman 70.3 tidak perlu lagi melakukan promosi besar-besaran, sebab dunia telah mengenal event berskala internasional ini,” tambah Luky.

Saat ini fokus Bintan memantapkan penyelenggaraan dan rute-rute untuk kompetisi berikutnya. Peserta sendiri diprediksi akan semakin meningkat tahun depan. (*)

Sumber: Humas

Editor Narasi: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *