Himpunan Nelayan Kepri Dukung Soerya – Iman di Pilkada Kepri

Soerya Respationo menyambut kehadiran komunitas nelayan Kepri

Himpunan nelayan Kepri memberikan dukungan sekaligus menyampaikan aspirasi kepada pasangan calon gubernur Kepri HM Soerya Respationo-Iman Sutiawan.

Para pengurus Himpunan Nelayan Kepri itu dipimpin tokoh nelayan, Awang, langsung menyampaikan aspirasinya kepada cagub Kepri no urut 1 Soerya Respationo.

Silaturahmi dan pernyataan dukungan itu dilakukan di Taman Dutamas, Batam Kota, Senin (5/10).

Awang dan para pengurus menyampaikan agar jika nanti Sinergi Kepri diberikan amanah memimpin Kepri, maka para nelayan mengharapkan agar mereka lebih diperhatikan.

Diharapkan dengan adanya program yang khusus mengangkat masyarakat nelayan, diharapkan tingkat kesejahteraan para nelayan, yang umumnya berada di pulau-pulau itu bisa meningkat.

“Kami berharap nantinya ada program dan masuk dalam RPJM dan sebagainya. Sebab kita lihat para nelayan saat ini sebagian kaum muda yang bisa diberdayakan lebih,” ungkap perwakilan nelayan tersebut.

Disebutkan saat ini jumlah anggota dalam himpunan nelayan Kepri yang tercatat sekitar 12 ribu orang. Jika keseluruhan, jumlahnya mencapai 20 ribu orang lebih.

Menanggapi aspirasi tersebut, Cagub Kepri Soerya Respationo menyatakan hal itu menjadi bagian komitmen Soerya-Iman dalam pencalonan gubenrur-wakil gubernur Kepri saat ini.

“Sejak awal kami, saya dengan Iman, komitmen bahwa dalam program-program nantinya harus mampu mengangkat tingkat kesejahteraan warga Kepri di pulau-pulau,” ucap Soerya.

Soerya selanjutnya memaparkan bahwa dirinya memilih berpasangan dengan Iman Sutiawan sebagai calon wakil gubernur karena dianggap merupakan pasangan yang saling melengkapi.

“Iman sebagai warga asli pulau tentu memahami betul apa yang menjadi keinginan warga pulau. Perpaduan SInergi Kepri (Soerya-Iman) diharapkan menjadi representasi yang mewakili semua elemen di Kepri, ” tambahnya.

Terkait program peningkatan kesejahteraan para nelayan, Soerya lebih rinci membeberkan konsep tentang pengembangan industri perikanan terpadu.

Program ini diharapkan mampu memaksimalkan potensi kelautan di Kepri, sekaligus memberikan nilai tambah bagi warga.

Nantinya dengan konsep industri perikanan terpadu itu maka akan dibangun mulai dari pelabuhan sandar kapal, perbaikan fasilitas pelabuhan, penyediaan alat tangkap yang memadahi dan lebih modern.

Untuk menampung hasil kerja nelayan itu dalam programnya Soerya siap menghadirkan sejumlah industri pengolahan terhadap hasil tangkapan nelayan.

“Jadi nantinya para nelayan juga bisa mendapatkan nilai plus dari harga yang standar, tidak tergantung pada permainan tengkulak”.

“Bahkan dari hasil tangkapan bisa diolah menjadi berbagai produk, sehingga tidak ada yang tidak dimanfaatkan. Hasil nelayan bsia langsung masuk ke industri,” terangnya.

Sumber: istimewa
Editor: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *