Sekretaris Daerah Natuna Buka Pelatihan Fasilitasi dan Sinkronisasi Penyusunan RPJMDes

Kegiatan Pelatihan Fasilitasi dan Sinkronisasi Penyusunan RPJM Desa dan RKP Desa dengan RPJMD Kabupaten Natuna dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Wan Siswandi, S.Sos. M.Si. Kegiatan berlangsung di Aula Asrama Haji, Kompleks Masjid Agung, Rabu (06/11) Pagi.

Menurut Wan Siswandi, perencanaan pembangunan desa merupakan proses tahapan yang diselenggarakan oleh Pemerintah untuk ditingkat Desa. Untuk itu perlu melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan unsur masyarakat secara partisipatif.

Ia pun mengatakan, perangkat desa agar segera melakukan sinkronisasi program kerja pembangunan secara lebih mendasar. Untuk itu peserta dituntut agar memahami materi pelatihan yang diberikan.

“Harapan kepada peserta, setelah memahami nantinya, Pemerintah Desa bisa mengurus dan mengatur sesuai kewenangan yang dimiliki,” ujar Wan Siswandi.

Sementara, sebagai Ketua Panitia kegiatan, Sri Riawati, dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan untuk memfasilitasi para Aparatur Pemerintahan Desa dalam menghimpun dokumen perencanaan Desa. Perencanaan harus sesuai RPJMDes dan RKPDes.

Sri juga mengatakan, sasaran kegiatan kepada 70 Desa yang ada di seluruh Kabupaten Natuna. Terutama bagi 33 Desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 17 November 2019 mendatang.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 6-7 November 2019. Adapun narasumber pada kegiatan itu berasal dari Balai PMD Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Drs. Rihartoyo, M.Si.

Sumber: Humas / Editor: Herry-Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *