Dana DAK Disdikbud Natuna Tahun 2024 Alami Penurunan

NATUNA, Poroskepri.com – Turunnya Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pendidikan Natuna, di sebabkan pembangunan IKN dan pelaksanaan Pemilu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Natuna, Indra Joni saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 13/03/2024 dilansir dari metroindonesia.com.

Dikatakannya, Disdik Natuna hanya mendapatkan DAK Rp 6 miliar pada tahun 2024. Anggaran ini sangat jauh dibandingkan tahun 2023 mencapai Rp 11 miliar

“Anggaran ini turun dibandingkan tahun sebelumnya (2023) Rp11 miliar,” kata Indra Joni.

Ditambahkannya, secara umum hal itu berimbas pada pembagian anggaran Kementerian Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Indra Joni menjelaskan, bahwa bukan hanya Kabuapeten Natuna saja yang turun DAKnya, namun seluruh Kabupaten/Kota lainnya juga merasakan hal yang sama.

Adapun anggaran DAK Rp6 miliar akan digunakan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PUAD) dan Taman Kanak-kanak (TK) Rp536 juta, Sekolah Dasar (SD) Rp3,1 miliar, dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2,3 miliar.

“Anggaran ini umumnya untuk pembangunan sarana dan prasarana, serta pengadaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sekolah,” ujarnya. (**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *