DAK Disdik Natuna Tahun 2024 Turun, Alokasi SD Paling Besar

Natuna, Poroskepri.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Natuna, Indra Joni, mengatakan Dana Alokasi Khusus (DAK) di tahun 2024 turun signifikan.

Pasalnya, tahun ini Disdikbud Natuna hanya menerima dana DAK dari pusat sebesar Rp 6 miliar, sementara di tahun 2022 silam pemerintah pusat mengucurkan Rp 11 miliar dan tahun 2023 kurang lebih Rp 13 miliar.

Indra Joni menjelaskan, penurunan ini disebabkan beberapa faktor, termasuk fokus pemerintah pada pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Faktor-faktor ini lanjutnya, secara umum berdampak pada pembagian anggaran Kementerian Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Tidak hanya Natuna, tetapi seluruh kabupaten dan kota juga mengalami pengurangan DAK,” kata Kadisdikbud Natuna itu, Kamis (4/2/2024).

Rincian alokasi anggaran sebesar Rp 6 miliar ini mencakup Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) sebesar Rp 536 juta, Sekolah Dasar (SD) sebesar Rp 3,1 miliar, dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebesar Rp 2,3 miliar.

Indra Joni menegaskan, sebagian besar anggaran akan digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana, serta pengadaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah.

Walaupun menghadapi keterbatasan anggaran, Disdikbud Natuna komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Natuna.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *