Terkait Standar Kemasan Produk UMKM, Hafizha: Kualitas Tetap Indikator Utama

Ketua TP PKK Bintan Hafizha Rahmadhani melihat kemasan produk dari pelaku UMKM

Perkembangan UMKM di Bintan mendapat dukungan serius dari Pemerintah Kabupaten Bintan. Pesatnya berbagai produk yang dipasarkan itu mendapat bimtek hingga Kurasi Produk yang dilaksanakan di Gedung PLUT (Pusat Layanan UMKM Terpadu) Bintan, Kamis (20/07/23).

Ketua TP PKK Bintan Hafizha Rahmadhani yang membuka kegiatan menyampaikan rasa bangganya melihat keaktifan para pelaku UMKM. Peluang yang terbuka sangat luas, terlebih melihat produk-produk yang dihasilkan hingga ke luar negeri.

“Belajar terus dan kembangkan kreatifitas, dan yang tak kalah penting kemasannya bu, buat semenarik mungkin dan sesuai standar. Standar nasional sekarang kemasan itu jangan ada celah, jadi kedap udara semua,” ucapnya.

Kurasi produk sendiri merupakan sebuah proses penyeleksian terhadap produk UKM/IKM yang telah terdaftar sebelum produk tersebut dapat diekspor atau dinaikkan kelasnya. Dengan kurasi produk ini maka status UMKM akan lebih jelas mana yang gradenya bisa naik kelas atau yang belum untuk segera mengikuti.

Masih kata Hafizha, produk yang dihasilkan harus fokus pada apa yang ingin dibuat. Selain kemasan, kualitas dari produk itu sendiri juga harus menjadi indikator utama.

“Kalau kemasan sudah menarik, jangan sampai kualitasnya kalah saing. Seperti produk kuliner, hasilkan kualitas sebaik mungkin. Termasuk bahan baku olahannya, cara mengolahnya sampai ke kandungan gizinya, itu penting. Apalagi kalau sudah sampai ke luar Bintan bahkan luar negeri pemasarannya,” tambah Hafizha.

Peserta UMKM yang mengikuti Kurasi Produk ini merupakan UMKM yang sudah didampingi langsung oleh Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Bintan. Untuk kedepannya seluruh UMKM yang ada akan terus mendapat pendataan dan pendampingan terkait pengolahan, pemasaran termasuk administrasi produk seperti P-IRT, BPOM dan sertifikasi Halal.

Sumber: kominfo – Editor: red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *