Bunguran Batubi Jaya Dipercaya Untuk Mengikuti Lomba PHBS Tingkat Provinsi

Giat yang di hadiri Camat Bunguran Batubi Tri Didik Sisworo, tersebut berjalan lancar, (foto : istemewa)

Natuna, Poroskepri.com – Kecamatan Bunguran Batubi, dipercaya mampu mewakili Kabupaten Natuna, untuk mengikuti lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tingkat provinsi Kepulauan Riau, pada tanggal 3 – 4 Maret 2023 mendatang.

Tim Penggerak – Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Natuna bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, meninjau langsung kesiapan peserta di Kecamatan Bunguran Batubi, Jumat (24/2/2023).

Berdasar penilaian TP-PKK Kabupaten dan Dinas Kesehatan setempat, daerah ini dipercaya mewakili Kabupaten Natuna. Hal itu berdasarkan, karena tingginya kesadaran masyarakat dalam menanamkan kebiasaan hidup bersih dan sehat dalam keseharian.

Daerah yang ada di Pulau Bunguran Besar, Kecamatan Bunguran Batubi Jaya mengantongi 63 persen dari 10 indkator penilaian PHBS seperti, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI Eksklusif, menimbang bayi dan balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan pakai sabun.

Selain itu, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, mengutamakan makan sayur dan buah, melakukan aktivitas fisik, serta tidak merokok didalam rumah.

Ketua IV TP-PKK Kabupaten Natuna dr Monika menyebutkan, sebagai bagian dari program kerja PKK, setiap tahunnya PHBS selalu digiatkan demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan budaya hidup sehat.

Sedikitnya, ada tiga tahap penilaian dalam lomba PHBS ini, tahap Pengumpulan Laporan, tahap klarifikasi hasil penilaian laporan PHBS, serta yang terakhir adalah tahap Visitasi dan Observasi Kunjungan Lapangan di tingkat desa terbaik.

Selain melakukan peninjauan lokasi, tim penilai juga melakukan pengecekan dan penyesuaian berkas administrasi dan dilanjutkan dengan interview kepada 22 peserta nantinya.

Dr. Monica berharap peserta dapat melakukan koordinasi dan komunikasi secara intens baik ditingkat kabupaten, kecamatan, desa hingga ke tingkat RT dan RW.

“Giat ini pada dasarnya untuk menggiring masyarakat agar mau dan mampu melaksanakan budaya hidup sehat setiap hari,” ucap Monica.

Maka dari pada itu diharapkan, PKK dapat mendorong keluarga lewat upaya promotif dan preventif.

Kasi Penyuluh Kesehatan Masyarakat Ahli Muda Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Erni Yusnita menambahkan, dirinya berharap, agar momen lomba PHBS tahun ini, dapat mengimplementasikan perilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai salah satu tatanan PHBS yang utama adalah, PHBS rumah tangga yang bertujuan memberdayakan anggota sebuah rumah tangga untuk tahu, mau dan mampu menjalankan perilaku kehidupan yang bersih.

Pada kesempatan yang sama, Camat Bunguran Batubi, Tri Didik Sisworo mengucapkan terimakasih atas dipilihnya Kecamatan Batubi sebagai kecamatan yang mewakili Kabupaten Natuna.

Maka dari itu, dirinya meminta dukungan dan arahan dari Tim Kabupaten Natuna, dengan harapan persiapannya lebih maksimal. Tri Didik Sisworo juga menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kecamatan Bunguran Batubi.*(Mon).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *