Bawaslu Natuna Gelar Apel Siaga Kesiapan Tahapan Pilkada Tahun – 2024

Natuna, poroskepri.com –
Dalam rangka dimulainya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Natuna, menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu, pada Rabu (06/07/2022) bertempat di halaman Kantor Bawaslu Natuna, jalan Wan Kaya Datok Muhammad Benteng Ranai Natuna Provinsi Kepri.

Apel Siaga Kesiapan Pengawas Pemilu merupakan upaya Bawaslu Natuna, dalam mengkonsolidasikan seluruh sumber daya untuk melakukan Pengawasan di seluruh tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak .

Apel yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna Khairurrijal, S. IP, membacakan amanat Ketua Bawaslu Provinsi Said Abdullah Dahlawi.

Tahapan Pemilu sudah dimulai sejak tanggal 14 Juni 2022 lalu dan akan berlanjut hingga 22 bulan kedepan. Dalam perjalannya tentu akan mengalami berbagai dinamika.

Kita ketahui, Pemilu kali ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya, karena beriringan dengan pemilihan kepala daerah. Dimana pemungutan suara Pemilu dilakukan tanggal 14 Februari, dan Pemilihan Kepala Daerah dilaksanakan ditahun yang sama yakni tanggal 27 November 2024. Artinya kita akan melaksanakan dua pekerjaan sekaligus dengan rentan waktu berdekatan.

Kendati demikian dirinya sangat optimis, dapat menelesaikan tugas tersebut dengan baik, apabila seluruh komponen di Natuna, seperti Bawaslu, KPU, Pemerintah, TNI-Polri, peserta pemilu, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ormas, maupun rekan rekan media dan seluruh pemangku kepentingan dapat bersinergi, mendukung menyukseskan kegiatan ini.

“Apel Siaga Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024, merupakan bentuk komitmen kami untuk mendorong dan menenguhkan sinergitas semua komponen masyarakat, dengan melibatkan semua pemangku kebijakan,” ujarnya.

Kegiatan ini dibuat guna menunjukkan kepada masyarakat upaya kesiapan dari penyelenggara Pemilu, sebagai bentuk koordinasi dan pemersatu tekad, terkait kesiapan penyelenggara.

“Apel siaga ini menjadi tanda bahwa pengawas Pemilu wajib siap untuk mengawasi tahapan Pemilu 2024 . Harapannya penyelenggaraan Pemilu ini bisa berlangsung dengan Luber, Jurdil, aman dan demokratis,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Natuna yang hadir pada saat Apel Kesiapan Pemilu 2024 mengatakan kesiapannya dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

“KPU Natuna telah membuka jam kerja 24 jam. Artinya pegawai KPU Natuna bekerja 3 sip. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat melakukan koordinasi,” ujar Junaedi Abdillah ST.

Hadir dalam kegiatan itu, Kapolres Natuna, Kajari, KPU, Bakesbangpol, Satpol-PP, PJN.***

Mon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *