TPI, Salah Satu Peluang Natuna Untuk Dongkrak PAD

Natuna, Poroskepri.com – Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perikanan Kabupaten Natuna Hadi Suryanto, mengatakan salah satu peluang daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yaitu Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Namun, untuk Natuna itu sendiri sampai saat ini TPI tersebut belum dibentuk. Tetapi sebut Hadi Suryanto, Natuna telah punya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan. Dan daerah tinggal menyiapkan Perda turunan atau Peraturan Bupati (Perbub) untuk memberdayakan TPI. Termasuk didalamnya nanti regulasi untuk penarikan retribusi.

”Salah satu peluang untuk meningkatkan PAD Natuna, ya TPI. Tetapi untuk memberdayakan TPI, daerah harus menyempurnakan dahulu Perda tentang TPI nya. Terus dilihat lagi kesiapan daerah untuk membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT),” jelas Hadi Suryanto yang lebih dikenal sebagai Jojo, kepada Poroskepri.com. Jum’at (13/5/2022) diruangan kerjanya.

Disebutkannya kenapa harus melihat kemampuan daerah, karena TPI itu semacam UPT atau sebuah kelembagaan. Perlu sarana prasarana yang harus dilengkapi termasuk kantor serta menyiapkan SDM.

“Dalam hal ini Bupati tetap merespon, tinggal mempersiapkan tahapan-tahapan selanjutnya, seperti mengurus pinjam pakai pelabuhan Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) yang di Selat Lampa ke pemerintah pusat. Dan tentunya daerah juga harus menyiapkan pos anggaran untuk pengeporasian TPI tersebut nantinya,” jelas Jojo.

Intinya, kata Jojo, Dinas atau pemda sedang berupaya. Seperti berkoordinasi ke instansi terkait sehingga tahap-tahapan yang akan ditempuh bisa diselesaikan.

“Saya baru tiga bulan disini, dan kami arahnya sudah kesana. Sekarang dinas sedang menyiapkan drab-drab nya,” ujar Jojo.

Sementara itu dirinya belum bisa mengukur, seberapa besar estimasi PAD apabila TPI telah diberdayakan.

“Sebelum regulasinya jelas, kita tidak bisa bicara estimasi pendapatan daerah dari TPI. Kita lihat nanti seperti apa regulasi penarikan retribusinya dan disitu baru nampak berapa persen untuk daerah dari setiap pelelangan ikan, yang jelas pasti bisa dongkrak PAD,” pungkas Jojo

Mon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *