Hadirnya Gubernur Pada Musrenbang, Pemkab Berharap Natuna Dapat Perhatian Lebih

Natuna, Pororkepri.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad beserta rombongan hadiri pembukaan Musrenbang Kabupaten Natuna, Senin (21/03/2022). Di Gedung Sri Serindit Jalan Yos Sudarso, Ranai.

Pada kesempatan itu, laporan Kepala BP3D Natuna, Mustafa, dirinya mengucapkan apresiasi terhadap Bupati Natuna karena telah hadir pada musrenbang di seluruh kecamatan se Kabupaten Natuna.

“Kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada pak Gubernur yang berkesempatan hadir di Musrenbang kali ini. Kami sampaikan pak, tahun ini Bupati kita luar biasa, beliau hadir kesemua kecamatan dalam rangka musrenbang” ujar Mustafa.

Adapun tema dari musrenbang tahun ini adalah “ Peningkatan Daya Saing Daerah Melalui Penguatan Infrastruktur dan Percepatan peningkatan Ekonomi”

Kegiatan berlangsung selama 3 hari kedepan. Dengan peserta mulai dari Perangkat Daerah, DPRD, Perwakilan Masyarakat, Tokoh Agama, Perguruan Tinggi, Ormas dan stakeholder lainnya.

Sementara itu Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar, pada sambutannya mengatakan, selain pembangunan dibidang infrastruktur, pemkab juga harus membangun Sumber Daya Manusianya.

“ Dalam mewujudkan pembangunan daerah yang maksimal tentu kita tidak mengandalkan pembangunan fisik dan infrastruktur saja, melainkan membangun tentu harus selaras dengan pembangunan sumber daya manusia.

Disebutkannya, kualitas sumber daya manusia harus ditingkatkan, seperti membangun mental, spritual. Pada hakikat pembangunan nasional itua adalah membangun manusia seutuhnya.

“InsyaAllah apa yang diamanatkan masyarakat kepada kami DPRD sebagai perwakilan masyarakat akan kami perjuangkan semaksimal mungkin. Tidak semua program dan usulan masyarakat kami bacakan pada kesempatan ini karena sudah kami susun dalam bentuk buku dan akan kami serahkan pada musrenbang ini” ungkap Daeng Amhar.

Selanjutnya Daeng Amhar, membacakan pokok-pokok pikiran dari DPRD Natuna yang telah dirangkum dalam sebuah buku.

Dan dilanjutkan dengan penyerahan buku tersebut oleh Ketua DPRD ke Pemkab Natuna. Dalam hal ini dari pihak Pemkab, Bupati Natuna, Wan Siswandi di wakili oleh Sekda Natuna, Boy Wijanarko.

Sementara itu sambutan Bupati Natuna, dibacakan oleh Sekda Natuna Boy Wijanarko. Pada kesempatan itu Boy menyampaikan perkembangan ekonomi di Natuna pada masa pandemi covid-19.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa pertumbuhan ekonomi di Natuna mengalami penurunanb selama 2 tahun terakhir ini dikarenakan terdampak covid 19. Tantangan kita terbesar ke depan adalah angka pengurangan, kemiskinan serta menstabilkan kembali pertumbuhan ekonomi kita yang terpuruk. Dengan bersama-sama saya optimis dan yakin, kita bisa mempercepat pertumbuhan perekonomian di kabupaten Natuna,” harap Boy.

Dengan kehadiran Gubernur Kepri, pemkab Natuna berharap semua usulan-usulan yang menjadi perioritas dapat terwujud.

“Dengan hadirnya Bapak Gubernur di musrenbang kabupaten Natuna tahun ini, besar harapan kami semua usulan yang perioritas, contoh peningkatan ekonomi, infrastruktur dan peningkatan SDM Natuna dapat terwujud,” ungkap Boy.

Selanjutnya, dalam sambutan Gubernur Kepulauan Riau, Anshar Ahmad, menyampaikan, berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2004, bahwasannya musrenbang sudah menjadi kewajiban disetiap daerah.

“Melaksakan musrenbang sudah menjadi kewajiban, mulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga ke tingkat nasional. Ada jenjangnya. Semuanya untuk mengetahui, usulan apa saja yang diperioritas pemerintah untuk kepentingan masyarakat di masing-masing daerah,” terang Ansar.

Karena masih banyak infrastruktur di Natuna yang butuh perhatian, Ansar berjanji akan lebih memperhatikan daerah Natuna ke depan.

“Ke depan akan lebih memberikan perhatian kepada Natuna karena memang masih banyak infrastruktur di Natuna yang perlu menjadi perhatian,” janji Ansar.

Dirinya menghimbau, agar lebih memperhatikan pokok pikiran (Pokir) dari DPRD. Karena menurutnya pokir dari masing-masing anggota DPRD itu diperoleh dari usulan masyarakat itu sendiri.

“Jadikan pokir dari DPRD sebuah referensi karena masing-masing anggota langsung menyerap aspirasi secara dor tu dor ke masyarakat. Semoga apa yang di cita-citakan masyarakat Natuna, untuk percepatan kemajuan Natuna terwujud. Pada dasarnya saya mendukung apa yang menjadi keinginan masyarakat Natuna,” ujar Ansar.

Dan, acara Musrenbang Kabupaten Natuna resmi dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

Turut hadir pada acara musrenbang yakni Anggota DPRD Provinsi Kepri, Sekretaris Daerah Natuna Boy Wijanarko, Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar beserta sejumlah anggota, Forkopimda, Kepal OPD Natuna dan sejumlah Pejabat Pemprov Kepri.***

Mon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *