Waspadai Kasus Baru Covid19 di Kerpi, Gubernur Ansar Tegaskan Disiplin Prokes

Gubernur Ansar Ahmad saat memimpin rapat beberapa waktu lalu

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menghimbau khusus untuk kota Batam dan kota Tanjungpinang agar benar-benar memperhatikan kedisiplinan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan (Prokes) dalam upaya menghindari adanya penambahan kasus baru covid-19.

Himbauan Gubernur ini menyusul berfluktuasinya kasus covid di Kepri, terutama terjadi di kota Batam dan Tanjungpinang yang per hari ini telah terjadi penambahan 14 kasus di kota Batam dan 2 kasus di Tanjungpinang.

“Agar pengawasan atau screening di setiap pintu-masuk, baik yang ada di Batam maupun di Tanjungpinang agar diperketat. Kita harus awasi, disiplin masyarakat harus diperhatikan agar kasus covid di Kepri bisa benar-benar kita tekan,” ujar Gubernur, Kamis (3/2/22).

Sehari sebelumnya, dalam upaya menanggapi kasus aktif terkonfirmasi positif covid19 di Kepulauan Riau yang  berfluktuasi Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad juga telah  menggelar Rapat Koordinasi di Gedung Daerah, Tanjungpinang. Rapat juga melibatkan seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota se Kepri serta Forkopimda.

Kasus aktif yang tercatat sampai pelaksanaan rakor kemaren  sebanyak 105 kasus dengan sebaran 72 kasus di Kota Batam, 17 Kasus di Kota Tanjungpinang, 9 kasus di Kabupaten Bintan, 5 kasus di Kabupaten Karimun, dan 2 Kasus di Kabupaten Natuna. Sedangkan di Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga mencatat 0 kasus.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Ansar menekankan untuk mengantisipasi melonjaknya kasus aktif ini dengan memperkuat tracing dan memberikan treatment yang baik.

“Tentu jangan lengah soal tracing, karena tracing sangat menentukan untuk mengetahui kontak erat yang terkonfirmasi positif. Kemudian pastikan treatment harus dilakukan dengan baik, karena jika tingkat kesembuhan tinggi, maka angka kasus aktif akan menurun,” pesan Gubernur Ansar.

Gubernur juga memberi arahan agar pasien yang terkonfirmasi positif untuk diwajibkan karantina di karantina terpadu. Karena karantina mandiri terbukti sulit untuk dikontrol.

“Tempat-tempat karantina terpadu agar dikontrol kembali. Seperti Lohas, LPMP, serta Asrama Haji Batam. Cek kembali fasilitasnya. Supaya isolasi terkontrol dan treatment yang baik dapat diberikan” ujar Gubernur.

Selanjutnya, Gubernur Ansar juga memastikan program bantuan tunai bagi keluarga kurang mampu yang terkonfirmasi positif akan tetap dilanjutkan, untuk menanggung kebutuhan keluarga yang ditinggalkan selama masa isolasi.

“Masing-masing Kabupaten dan Kota juga agar memberikan perhatian untuk memenuhi kebutuhan keluarga pasien. Gunakan dana BTT (Belanja Tidak Terduga) karena memang peruntukannya untuk itu” kata Gubernur Ansar.

Terakhir, Gubernur menyampaikan bahwa survey serology tahap kedua akan dilaksanakan 6 bulan setelah survey pertama. Pada survey pertama Kepri mendapat hasil yang baik yaitu sebesar 89 persen yang menunjukkan herd immunity masyarakat yang cukup baik.

“Karena serology harus dievaluasi 6 bulan sekali untuk mengetahui apakah antibodi tetap bertahan terhadap virus sekaligus mengetes vaksin booster yang telah diberikan” tutup Gubernur

Sumber: kominfo kepri – Editor: red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *