Travel Bubble Diumumkan 24 Januari, Sandiaga: Kepri Harus Siap

Sandiaga Uno bersama Gubernur Ansar berkesempatan mencicipi racikan cocktail non alkohol karya mahasiswa mahasiswi BTP

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno memastikan jika travel bubble Batam, Bintan – Singapura (BB- S) akan segera dibuka dan telah disetujui pembukaan wisatawan terbatas dua negara ini oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Pembukaan akan dilakukan tanggal 24 Januari 2022, bersamaan dengan pengumuman resmi dari pemerintah, “ujar Sandiaga Uno saat kunjungan silaturahmi yang didamping Gubernur Kepri Ansar Ahmad ke Kampus Batam Tourism Polytecnic (BTP) Tiban Kota Batam, Jum’at (21/1/22).

Menurut Sandiaga Uno saat berkunjung ke kampus pariwisata ternama di Kepri ini, pengumuman akan disampaikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartato, yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Masih kata Sandiaga Uno, regulasi terkait teknis pelaksanaan arus kedatangan dan kepulangan wisatawan terus dimatangkan dengan kementrian teknis dan pihak pihak terkait. Termasuk membicarakan dengan pemerintah negara Singapura.

Tapi yang terpenting sambung Sandiaga Uno, kedua wilayah yang akan dijadikan prototipe travel bubble terbatas dan terkontrol sudah sangat siap dan mendukung. Termasuk persiapan teknis, seperti telah memiliki Lab Tes Cepat Molekuler (TCM) yang terkoneksi ke aplikasi PeduliLindungi.

“Saya yakin kedua tempat baik di Nongsa Pura dan juga Bintan Resort telah menyiapkan itu semua, termasuk penerapan bluepass yang dipersiapkan untuk keperluan tracing,” jelasnya.

Menparekraf Sandiaga Uno pada kesempatan tersebut juga memuji keberadaan kampus BTP. Menurutnya, menjadi perguruan tinggi pariwisata di Kepulauan Riau harus bisa melahirkan insan pariwisata yang handal dan profesional.

Karena, lanjutnya, tantangan pariwisata kedepan tidak makin mudah. Dituntut semakin cerdas melihat dan membuat terobosan di dunia industri pariwisata, khususnya di dalam negeri.

Sandiaga mengatakan, Kampus BTP harus menjadi agen perubahan, tidak hanya SDM handal dalam pariwisata, tapi juga melahirkan enterpreneur handal dimasa depan.

“Bahkan enterpreneur handal kita harus bisa berkarir di luar negeri. Tentunya dengan berbagai peluang usaha menjanjikan, yang pada akhirnya membawa bangga Bangsa Indonesia,” harapnya.

Dalam kunjungan ke Kampus BTP, Sandiaga Uno bersama Gubernur Kepri menyempatkan melihat lihat secara langsung, ruang praktikum jurusan yang ada di kampus BTP. Mulai dari jurusan manajemen kamar, manajemen tata hidangan dan manajemen kuliner.

Bahkan Sandiaga Uno bersama Ansar Ahmad berkesempatan mencicipi dan menjajal minuman racikan cocktail non alkohol, piza dan jenis makanan dan minuman lainnya, karya mahasiswa mahasiswi BTP.

Seperti diketahui kampus BTP menawarkan empat program study. Diantaranya program Manajemen Devisi Kamar, program Manajemen Kuliner, program Manajemen Tata Hidangan semuanya program study (D4) dan Magister Terapan Perencanaan Dan Pengembangan.

 

Sumber: humas – Editor: redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *