Kapusdatin Basarnas RI Resmikan Pos Unit Siaga SAR di Pulau Laut

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Basarnas RI Marsekal Pertama TNI Amirullah, melanjutkan kunjungan kerja (Kunker) di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Jumat (18/9/20) pagi.

Berangkat dari pelabuhan Tanjung Payung Penagi, Rombongan Kapusdatin yang menggunakan Kapal KN Sasikirana milik KPP Natuna. Menempuh 2 jam lebih pelayaran menuju pelabuhan Pulau Laut.

Kedatangan rombongan Kapusdatin Basarnas RI disambut oleh Camat Pulau Laut Tabrani, Kapolsek Pulau Laut Iptu Nelaboy dan jajaran Desa.

Usai melewati prosesi protokol kesehatan Covid-19, rombongan menuju rumah tokoh masyarakat (Nalo) di Pulau Laut untuk beristrahat.

Tujuan Amirullah ke Pulau Laut untuk meresmikan Pembentukan Pos Unit Siaga SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna. Dengan jumlah personel sebanyak 7 orang, yang terdiri dari 4 personel KPP Natuna dan 3 orang dari pihak Kecamatan.

Menurut Amirullah, masyarakat Natuna sering menggunakan transportasi laut. Dengan demikian dinilai sangat rawan terjadinya kecelakan di laut.

“Selain Anambas, sekarang Pulau Laut sudah ada POS Unit Siaga SAR. Dan untuk Kecamatan lainnya menyusul, masih dalam proses” ujar Amirullah dalam sambutan.

Jendral bintang satu ini, mengakui bahwa fasilitas KPP Natuna belum memadai. Tetapi ia api yakin akan kemampuan masyarakat Natuna, banyak yang berpotensi SAR.

“Senergitas antara KPP Natuna, TNI-Polri dan banyaknya masyarakat di Natuna yang potensi, tentu menambah keyakinan lebih aman,” tambahnya.

Amirullah sendiri didampingi Kepala Basarnas Natuna Mexianus Bekabel, beserta jajaran. Tampak juga Dandim 0318/Natuna Letkol (Arm) Asep Ridwan, Danlanal Ranai diwakili Paspotmar Walikota Laut (T) Teuku Faidil Sulung, Danyon Komposit I/GP Letkol (Inf) Rahmat, Lanud RSA Ranai, Polres Natuna dan instansi terkait lainnya. (mon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *