Luhut Panjaitan Berharap PT BAI Bisa Serap Tenaga Kerja Lokal

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo meninjau PT. Bintan Alumina Indonesia (BAI) di Galang Batang, Kabupaten Bintan, Kamis (2/7).

Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto turut mendampingi kedua Menteri negara itu. Tampak hadir juga dalam kesempatan ini Bupati Bintan Apri Sujadi serta pimpinan FKPD Kepri dan Bintan.

Terhadap proyek PT. BAI ini, Luhut berharap agar secepatnya beroperasi. Hal ini dapat menyerap tenaga kerja banyak, khususnya tenaga lokal.

Dirinya juga menginginkan PT. BAI dapat bekerjasama dengan Politeknik guna mencetak kader-kader yang mempunyai kemampuan baik.

“Ini proyek besar dan perlu tenaga kerja yang handal dan tidak sedikit. Segera selesaikan agar tercipta lapangan kerja untuk masyarakat. Jalin kerja sama dengan Politeknik, ini sangat bagus sekali,” kata Luhut.

Selain itu, Luhut pun menyarankan prihal proyek ini agar Gubernur dan Bupati kooperatif dalam memberikan dukungan. Sehingga proyek ini lancar dan membawa dampak positif bagi perekonomian daerah maupun nasional.

“Masalah dukungan, saya yakin Gubernur dan Bupati mendukung. Yang penting jaga lingkungan. Termasuk listrik yang sekarang pakai batu bara,” kata Luhut kepada Santoni selaku Direktur PT. BAI Bintan usai memberikan penjelasan.

Karena menurut Luhut, kedepannya batu bara bisa saja akan di konversi menggunakan gas. Tidak lain agar ramah lingkungan tujuannya.

Terkait luas kawasan proyek PT. BAI ini adalah 2.333 hektar, dengan total nilai investasi hingga tahun 2024 sebesar Rp37 triliun. Hingga tahun 2020 ini, proyek telah berinvestasi sebesar Rp11 triliun. (Hms/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *