Majukan Dunia Pariwisata, Isdianto Ingatkan Kenyamanan Wisatawan

Kemajuan pariwisata Kepri bukan hanya tanggungjawab pemerintah Provinsi saja. Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto saat Pembukaan Kampanye Sadar Wisata dan Sapta Pesona Tahun 2020 menegaskan bahwa untuk memajukannya harus melibatkan Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Pariwisata yang maju dan terus tumbuh merupakan impin dan harapan kita semua. Namun impian dan harapan ini tidak akan terwujud jika kita tidak bergerak secara bersama,” kata Isdianto di Pantai Batumpang Desa Pengudang Kecamatan Teluk Sebong Kabupaten Bintan, Ahad (16/02).

Oleh karena itu, ia merasa perlu menekankan bahwa pariwisata tidak akan maju jika hanya salah satu pihak yang bekerja. Apabila semua bersatu maka tidak mustahil kepariwisataan menjadi sumber APBD akan mudah tercapai.

Hasil kerjasama yang terlihat saat ini, menurutnya terus meningkatnya jumlah kunjungtan wisatawan ke Kepulauan Riau. Bahkan pada 2019 lalu, peringkat kunjungan wisata telah berada di posisi ke-2 dibawah Bali.

“Untuk mencapai kunjungan wisatawan paling banyak memang bukan hal mudah, karena itu terus kita tingkatkan kerjasama,” ucapnya.

Ia mengatakan perlu mengemas paket wisata sebaik mungkin dan didukung oleh perilaku sopan santun terhadap para wisatawan. Keahlian SDM memberikan rasa nyaman sangat diperlukan dalam dunia pariwisata.

“Berikan kenyamanan. Dengan memberikan kenyamanan dan perlakuan yang baik, kita yakin para wisatawan merasa senang. Sehingga memberi peluang untuk dirinya berkunjung kembali,” papar Isdianto meyakinkan.

Lebih rinciannya, Isdianto mengatakan, kalau wisatawan merasakan nyaman tentu bisa membuat mereka lebih betah dan berlama-lama di Kepri. Dengan demikian akan semakin banyak transaksi belanja yang menjadi pemasukan daerah.

“Selain itu kita juga berharap, pengalaman dan cerita baik yang didapatkannya di Kepri bisa diceritakan kepada saudara di Negara asalnya, sehingga semakin banyak tertarik datang ke Kepri,” jelasnya.

Dalam komitmen memajukan dunia pariwisata, Provinsi Kepri siap membantu pemerintah Kabupaten/Kota yang berpotensi. Menurut Isdianto dalam bentuk pembangunan infrastruktur maupun promosi daerah wisata.

“Provinsi terus membantu pemerintah Kabupaten/Kota untuk memajukan sektor pariwisata. Terbukti kita terus membangun pelabuhan maupun membangun atau memperbaiki jalan untuk akses menuju ke tempat wisata,” Imbuhnya.

Ia menambahkan, sinergi antara Pemerintah Provinsi dengan Kabuaten/Kota dan semua stakeholder terkait terus ditingkatkan agar cita-cita menjadikan pariwisata sebagai penopang APBD dapat terwujud.

Pada kesempatan ini disejajarkan dengan menyerahkan alat bantu kebersihan secara simbolis kepada perwakilan siswa SMA, mahasiswa, perwakilan Pemerintah Kabupaten dan kota. Bantuan diharapkan dapat membantu untuk menjaga kebersihan di daerah wisata.

Hadir pada kesempatan ini Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Kepri Raja Ariza, Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj. Rosmery Isdianto, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Buralimar, Perwakilan Mahasiswa dan Siswa SMA Bintan serta warga sekitar Desa Pengudang Kecamatan Teluk Sebong. (Hms/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *