Peringati Hardiknas, Gubernur Serukan Komitmen Bersama Untuk Pendidikan Kepri

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengajak seluruh masyarakat untuk menyatukan komitmen guna menyiapkan generasi muda masa depan yang berkualitas dan berdaya saing, di Pulau Dompak, Tanjungpinang, Kamis (2/5).

Ia juga mengajak masyarakat agar merefleksikan Hardiknas sebagai pedoman mengeluarkan energi positif dalam diri. Menjadikan Hardiknas sebagai motivasi generasi muda menuju kesuksesan pembangunan di Kepri.

“Bangkitkan energi positif yang ada pada diri kita, jadikan motivasi membangun sumber daya manusia sebagai modal dasar,” ujar Nurdin saat bertindak sebagai Irup Hardiknas.

Selain itu, Gubernur pun berpesan kepada generasi muda agar memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada untuk terus belajar dan menimba ilmu dalam upaya membangkitkan potensi diri. Karena menurutnya, tonggak pembangunan berada di pundak para pemuda sebagai generasi penerus.

“Kontribusi generasi muda di tunggu untuk menjawab tantangan kedepan. Kami para orang tua menaruh keyakinan terhadap kemampuan kalian semua,” lanjut Nurdin.

Dalam membacakan amanat dari Menteri Pendidikan RI, Nurdin menyampaikan, bahwa dalam upaya mewujudkan terbentuknya negara demorkatis, salah-satu tujuannya adalah pendidikan nasional.

“Dengan pendidikan, tentu akan mengembangkan potensi peserta didik, mandiri, inovatif dan bertanggungjawab sebagai modal penting bagi pembangunan,” kata Nurdin.

Ia menambahkan, kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla selama 4 tahun fokus pembangunan adalah membangun infrastruktur. Semuanya adalah untuk menjawab setiap kebutuhan masyarakat serta sebagai persyaratan bagi negara maju.

Kepala Dinas Pendidikan bersama Gubernur dan Wakil serta pelajar seusai upacara peringati Hardiknas

“Dengan Infrastrukturlah akan terjalin konektiviti antar daerah serta dalam upaya memperkuat kedaulatan negara,” sambung Nurdin.

Lanjut Nurdin, setelah fokus dengan pembangunan Infrastruktur, saat ini Pemerintsh mulai bergeser kepada pembangunan sumber daya manusia dengan penguatsn sistem pendidikan dan kebudayaan, sejalan dengan tema peringatan Hardiknas tahun 2019 yakni “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

“Tema ini cerminan ciptakan pendidikan dalam menghadirkan SDM yang berkualitas demi mewujudkan kemajuan,” tambah Nurdin.

Pembangunan SDM fokus kepada dua hal, menurut Nurdin, antara lain pendidikan karakter dan penyiapan generasi yang cakap dan terampil. Dimana pendidikan karakter yang dimaksud adalah upaya menciptakan SDM yang berakhlak mulia, sopan, dan berbudi pekerti dan penyiapan generasi yang cakap dan terampil.

“Untuk mewujudkan semua itu, perlu profesionalisme pemangku kepentingan didaerah, terlebih era modernisasi saat ini berkembang dengan cepat. Maka pemanfaatan teknologi informasi sangat penting dengan sentuhan budaya Indonesia,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaaan dan apresiasi oleh Gubernur Kepri terhadap prestasi yang membawa nama Kepri di tingkat Nasional. (Cok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *