Peduli Nelayan, Pemda Natuna Berikan BPJS Ketenagakerjaan Gratis Pelatihan SKN Serta Bantuan Alat Tangkap Perikanan

Natuna, Poroskepri.com – Upaya Bupati dan Wakil Bupati Natuna Wan Siswandi dan Rodial Huda (WSRH) dalam memberikan jaminan dan meningkatkan SDM serta perekonomian masyarakat Natuna khususnya nelayan.

Diantaranya, dengan inisiasi Wan Siswandi terjalin kerjasama antara Dinas Perikanan (Diskan) Natuna dengan Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada tahun 2023.

Berkat kerjasama tersebut, sebanyak 4022 orang nelayan Natuna mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan secara gratis, dimana iurannya ditanggung oleh pemerintah.

Untuk diketahui BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program utama, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) , Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP). Keempatnya memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan para pekerja demi meningkatkan kesejahteraan.

Tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 2024 pemerintah kembali menanggung iuran BPJS Ketenagakerjaan nelayan Natuna sebanyak 4.187 orang.

Selain itu pada tahun 2022 lalu, sebagai pendukung kawasan Kampung Nelayan Maju (Kalaju), nelayan Natuna mendapatkan Pelatihan Sertifikasi Kecakapan Nelayan (SKN). Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Sedanau Kecamatan Bunguran Barat.

Diantaranya, pada tahun 2022 tersebut, Pemda Natuna meminta Direktorat Jendral Perikanan Tangkap (DJPT) berikan pelatihan SKN kepada 71 orang nelayan Natuna.

Terus pada tahun 2023 dari USAID Ber-ikan yang berikan pelatihan SKN kepada 70 orang nelayan Natuna, begitu juga dengan BP3 Medan juga berikan pelatihan SKN kepada 30 orang nelayan Natuna.

Selain itu Pemerintah Daerah juga memberikan berbagai macam bantuan alat tangkap perikanan kepada kelompok-kelompok nelayan yang ada di Natuna.

Hal itu dilakukan Pemda semata-mata hanya untuk memberikan jaminan kepada nelayan dengan cara menyediakan BPJS Ketenagakerjaannya. Pemda juga tingkatkan perekonomian nelayan Natuna dengan berbagai macam pelatihan serta memberikan berbagai macam bantuan alat tangkap perikanan kepada kelompok-kelompok nelayan Natuna.

Laporan : Mon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *