Penyewa Bantah Stand Bazar UMKM Tanjungpinang Fest Mahal: Harga Masih Wajar

Isu kemahalan harga sewa stand bazar di Tanjungpinang Fest 2024 bagi pelaku UMKM tidak mendasar. Penyewa merasa tidak keberatan atas tarif tersebut bila dibanding dengan kelebihan dan kemudahan yang diterima.

Salah satu penyewa di stand bazar, Resti, mengatakan tidak keberatan dengan harga yang ditetapkan. Karena penawaran terlebih dahulu diberitahukan oleh panitia, apa bersedia dengan harga dimaksud.

“Wajar wajar saja harga 550 ribu, karena sudah mencakup bpjs, kebersihan, listrik. Terus tempatnya sudah disediakan, kita hanya membawa apa yang mau dijual saja,” kata Resti, salah satu penyewa stand bazar UMKM Festival Kopi Merdeka, Sabtu (3/8/24).

Menurut Resti, biasanya, even biasa tanpa menghadirkan artis, harga sewa stand dipatok sebesar Rp250 ribu untuk durasi 3 hari. Baginya, jika dibandingkan dengan even mendatangkan artis, biaya stand di momen festival saat ini jauh lebih murah.

“Festival ini sudah termasuk besar, apalagi sampai mendatangkan 7 artis. Biaya segitu sudah terbilang murah, apalagi waktu penyewaan stand sampai 8 hari,” ujar Resti.

Resti juga merasa terbantu soal mobilisasi barang bawaannya. Pasalnya, pihak pengelola menjamin keamanan barang tanpa harus membawa pulang ke rumah.

“Kalau misalnya dibawa pulang dan pergi barang bawaan, kan jadi repot. Jadi kami hanya disimpan di sini selama festival berjalan,” imbuhnya.

Penyewa lainnya juga mengaku sama, tidak merasa berat dengan harga sewa yang diberikan. Ia pun mengaku, saat even even biasa, biaya stand mencapai Rp150 ribu untuk 2 hari.

“Itu contoh untuk even weekend di jalan merdeka segitu nilai. Dan itu tanpa ada apapun, dan tiap hari harus bongkar pasang,” kata Rizaldi.

Bagi dia, mengikuti kegiatan even ini tidak hanya semata-mata untuk mencari uang, tetapi lebih mencari nama untuk membraded produknya.

“Even ini akan dikunjungi oleh masyarakat di Pulau Bintan, baik warga Kabupaten Bintan maupun Kota Tanjungpinang akan datang ke festival ini. Secara tidak langsung produk produk kita akan mulai dikenal mereka,” ucap Rizaldi.

Rizaldi mengaku sangat bersyukur dan berterimakasih kepada panitia yang telah memberi kesempatan kepada dirinya di dalam momen festival ini. Baginya ini merupakan acara terlama dan terbesar.

“Sepengetahuan saya, belum ada acara selama 8 hari full artis, dimana ada 7 artis ibukota yang ikut meriahkan even ini,” jelasnya.

Rizaldi pun menambahkan, ia sering mengikuti even even di luar kota, namun harga stand tidak ada yang semurah di even festival ini. Biasanya harga Rp2 juta sampai Rp3 juta untuk 3 hari, itupun hanya menghadirkan 1 artis saja. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *