Pelaksanaan MTQ Kepri Diundur: Antisipasi Covid-19

Mengantisipasi penyebaran Covid-19 Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengikuti arahan dari Presiden RI Jokowi. Diantaranya dengan melakukan social distance, yang artinya menghindari pertemuan besar atau berkumpul ditengah kerumunan.

“Kepri akan melaksanakan MTQ pada 11 sd 17 April 2020 di Tanjungpinang yang akan dihadiri oleh ribuan orang. Meski kegiatan tersebut mulia namun jika melihat kepentingan masyarakat yang lebih luas maka pelaksanaanya diundur,” kata Sekdaprov Kepri H. TS. Arif Fadillah, saat memimpin rapat pengunduran jadwal di Ruang Rapat Lt.4, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (17/03).

Pengunduran jadwal MTQ tahun 2020 ini, menurut Arif adalah sebuah langkah tepat guna menghindarkan masyarakat tertular virus corona, karena penularannya sangat mudah. Apabila tetap dilakukan maka akan ada ribuan orang berkumpul di suatau tempat yang pastinya sangat rentan.

“Karena tidak ingin mengambil resiko besar maka pelaksanaan MTQ diundur pada bulan yang lain. Untuk pelaksanaan selanjutnya pada 13 sampai dengan 19 Juni 2020,” ujar Arif.

Sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Provinsi Kepulauan Riau, Arif mengajak untuk saling bekerjasama dan bersinergi antar pemerintah dengan elemen masyarakat untuk mengantasipasi penyebaran virus.

Ia pun berharap kepada semua pantia yang terlibat dalam pelaksanaan MTQ untuk tetap bekerja dan melakukan persiapan seperti yang telah direncanakan. Tidak kendur semangatnya setelah mendengar informasi pengunduran kegiatan tersebut.

“MTQ ditunda bukan berarti panitia libur juga, tetapi tetap lakukan persiapan yang telah kita susun. Dengan waktu yang semakin panjang ini diharapkan pelaksanaan menjadi lebih sempurna,” harap Arif.

Kepada Biro Kesejehateraan Kepri diinstruksikan untuk segera membuat surat edaran perihal penundaan pelaksanaan MTQ. Sehingga pihak Kabupaten dan Kota dapat menyesuaikan kembali pelaksanaan MTQ di daerah masing-masing. (Hms/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *